Siap-Siap Nikmati LRT Jakarta Bulan Depan


Penulis: Atalya Puspa - 11 January 2019, 19:30 WIB
ANTARA
 ANTARA

PEMBANGUNAN sejumlah stasiun light rail transit (LRT) ditargetkan rampung pada Februari mendatang agar dapat dioperasikan pada akhir Februari. Moda transportasi massal yang masih dalam proses pembangunan itu digadang-gadang bisa menjadi salah satu solusi mengatasi kemcetan di Ibu Kota.

"Akhir Februari, semua stasiun bisa dioperasikan seperti yang Jakpro sudah sampaikan," kata Direktur Utama LRT Jakarta Allan Tandiano, di Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (11/1).

Transportasi dalam kota tersebut akan beroperasi dari Rawamangun hingga Kelapa Gading. Allan menyatakan, akan ada lima stasiun yang dioperasikan terlebih dahulu.

"Kita ada enam stasiun, yang dioperasikan hanya lima dulu. Karena yang di Depo masih harus proses," kata Allan.

Allan menyatakan Rawamangun merupakan daerah yang tergolong padat penduduk. LRT akan dibuat terintegrasi dengan halte Transjakarta Pemuda demi memudahkan masyarakat yang datang dari arah Sudirman ke Pulo Gadung, atau sebaliknya.

"Pasti setiap hari banyak pekerja dari Sudirman ke arah sini. Jadi dari Sudirman ke Rawamangun pakai Transjakarta, dari Transjakarta pindah ke LRT menuju Pulomas, Kayu Putih atau Kelapa Gading," jelas Allan.

Pihak LRT menyediakan sebanyak 16 kereta dengan masing-masing memiliki 8 rangkaian. Adapun besaran tarif masih menunggu pihak MRT untuk mendiskusikan lebih lanjut, karena keduanya sudah sepakat akan menetapkan tarif bersama.

"Kami masih menunggu. Karena penetapan tarif akan berbarengan dengan MRT," tuturnya. (A-2)

BERITA TERKAIT