Jemaah Umrah dari Jabar akan Berangkat dari Bandara Kertajati


Penulis: Bayu Anggoro - 11 January 2019, 19:01 WIB
MI/Bayu Anggoro
 MI/Bayu Anggoro

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat berupaya keras untuk meningkatkan jumlah penumpang di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencontohkan, dalam waktu dekat pihaknya akan memaksimalkan penggunaan BIJB Kertajati sebagai bandara untuk umrah. Mulai saat ini, calon jemaah ibadah umrah akan diberangkatkan dari infrastruktur yang berada di Kabupaten Majalengka itu.

"Di semester ini kita akan mengarahkan yang umrah maksimal di situ," kata pria yang akrab disapa Emil di Bandung, Jumat (11/1).

Dia optimistis hal itu akan tercapai bahkan dengan jumlah yang signifikan. Terlebih, menurutnya jemaah umrah asal Jawa Barat mencapai 600 ribu setiap tahunnya. "Di Jawa Barat saja. Itu sudah banyak sekali kan," katanya.

Selain memaksimalkan potensi umrah, Emil pun menyebut BIJB Kertajati akan diupayakan untuk keberangkatan haji. Sebagai langkah awal, dalam waktu lima bulan ini akan dibangun asrama haji.

Pembangunan asrama haji sementara, jelas dia, akan dilakukan oleh Angkasa Pura. "Nanti Angkasa Pura akan cek, mana yang mudah. Memperbaiki yang lama atau membangun sementara di dekat bandara," katanya. (A-1)
 

BERITA TERKAIT