Warga Argentina Protes Kebijakan Penghematan Presiden Macri


Penulis: Antara - 11 January 2019, 13:39 WIB
Ronaldo SCHEMIDT/AFP
 Ronaldo SCHEMIDT/AFP

PULUHAN ribu warga Argentina, Kamis (11/1), berunjuk rasa di Buenos Aires sembari membawa obor. Aksi itu merupakan yang pertama dari serangkaian protes yang direncanakan untuk menentang program penghematan Presiden Mauricio Macri dan lonjakan biaya layanan publik.

Serikat pekerja dari kumpulan pengemudi truk dan federasi serikat pekerja merupakan pihak menyelenggarakan protes tersebut. Anggota partai politik sayap kiri dan warga Argentina yang independen turut serta dalam unjuk rasa tersebut.

Macri memangkas subsidi untuk sarana publik dan layanan lain guna mengurangi defisit fiskal sehingga menyebabkan kenaikan tarif listrik dan gas sampai lebih dari 2.000% sejak awal masa jabatannya. Tarif tersebut diperkirakan akan naik lebih tinggi lagi pada tahun ini.

"Orang-orang tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Semua langkah yang diambil pemerintah merugikan para pekerja," ujar Pablo Moyano, pemimpin serikat pekerja pengemudi truk

Baca Juga: Presiden Argentina Janjikan UU untuk Atasi Kekerasan di Sepak Bola

Demonstrasi mingguan direncanakan akan digelar pada awal Februari, sehingga meningkatkan tekanan terhadap Macri untuk mengatasi krisis ekonomi negaranya menjelang pemilu presiden yang direncanakan pada akhir tahun ini.

Tahun lalu, ketika perekonomian berkontraksi, inflasi tercatat hampir 50% dan nilai mata uang peso menyusut hampir 50%, Macri mencapai kesepakatan dana talangan sebesar 57 miliar dolar Amerika Serikat (sekitar Rp800,7 triliun) dengan IMF sebagai imbalan atas komitmennya untuk mengurangi defisit. (OL-7)

BERITA TERKAIT