BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan pada Akhir Januari


Penulis: Intan Yunelia - 03 January 2019, 10:31 WIB
Ilustrasi -- MI/ROMMY PUJIANTO
 Ilustrasi -- MI/ROMMY PUJIANTO

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi  puncak musim hujan terjadi pada akhir Januari hingga awal Februari. Hujan turun dengan durasi sedang hingga panjang.

"Pada Januari yang mengalami puncak musim hujan itu bisa mencapai intensitas lebih dari 55 milimeter (MM) per harinya," kata Ketua BMKG, Dwikorita Karnawati, Rabu (2/1).

Ia memaparkan hujan sedang yakni hujan yang terjadi setengah hari. Sedangkan hujan panjang yakni hujan terjadi hampir sehari penuh.

Pada Januari, hujan akan sering turun di wilayah Sumatra Utara, Aceh, Bangka Belitung, Pesisir Barat Banten, dan Jawa Bagian Selatan. Sedangkan, pada akhir Januari hingga Februari, hujan terjadi di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Baca juga: Pendidikan Kebencanaan Sebaiknya Diintegrasikan dengan Geografi

"Kemudian Maret sampai April bergeser ke Sulewasi Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tenggara," ujar Dwikorita.

Dengan adanya potensi hujan deras, Dwikorita meminta masyarakat siaga. Nantinya BMKG akan selalu memantau situasi terkini.

"BMKG akan bertugas memberikan perkiraan 3-6 hari sebelumnya, sehingga dengan perkiraan itu kami informasikan ke masyarakat agar sama-sama bersiaga," papar Dwikorita.

Jika terjadi cuaca ekstrem tiba-tiba, BMKG akan menyampaikan imbauan sesegera mungkin. Estimasi waktu mulai dari 6-8 jam sebelumnya akan ada tindakan darurat. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT