Periksa Kondisi Kendaraan seusai Perjalanan Jauh


Penulis:  (cdx/S-1) - 03 January 2019, 08:00 WIB
ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO
 ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO

MEMPERSIAPKAN performa kendaraan sebelum liburan merupakan hal umum yang dilakukan agar perjalanan aman dan lancar.

Namun, pemilik kendaraan terkadang lupa bahwa mobil mereka juga perlu diperiksa setelah melakukan perjalanan jauh. Itu penting untuk menjaga 'stamina' mobil tetap prima sehabis mengalami 'penyiksaan'.

Yang perlu dilakukan setelah melakukan perjalanan jauh ialah memeriksa bagian bawah kendaraan. Pastikan kondisi kolong mobil bebas rembesan cairan, terutama rembesan oli, mulai oli mesin, oli persneling (manual), oli transmisi (matik), oli gardan, dan cairan-cairan lainnya, kecuali tetesan air AC tentunya.

Jika terdapat tanda bekas rembesan oli pada bagian kolong, segera bawa ke bengkel. Berkurangnya cairan pelumas dapat berakibat fatal. Komponen yang aus akibat kurangnya pelumasan hanya satu solusinya: ganti komponen. Bayangkan biaya yang akan dikeluarkan jika yang aus ialah gigi diferensial, gigi transmisi, atau komponen jeroan mesin.

Berikutnya ialah memeriksa kondisi cairan-cairan kendaraan, mulai oli mesin, oli transmisi matik, cairan rem, cairan power steering, cairan penyemprot kaca, cairan rem, dan radiator. Tambahkan jika berada di level di bawah normal dan gantikan jika odometer di panel instrumen telah menunjukkan waktunya untuk diganti.

Jangan lupa bersihkan eksterior dan interior kendaraan. Untuk hal ini Anda bisa menyerahkan ke bengkel cuci mobil langganan untuk memmbersihkan kendaraan, mulai interior, eksterior, kompartemen mesin, hingga ke bagian kolong mobil Anda.

Anda tinggal mengerjakan hal-hal yang detail pada mobil Anda, terutama bagian interior. Keluarkan semua barang yang terdapat di dalam kabin dan bagasi.

Bersihkan secara cermat. Bila ada, gunakan alat penyedot debu (vacuum cleaner) untuk membersihkan debu dan kotoran yang bersemayam di sela-sela jok, karpet, hingga bagian di bawah jok dan sela-sela lantai, termasuk ruang bagasi yang pasti kotor akibat sisa membawa bermacam-macam barang bawaan. Setelah itu, biarkan bagasi terbuka untuk beberapa lama agar sirkulasi udara segar.

Kemudian, jalankan mobil Anda dan perhatikan baik-baik untuk mendeteksi adanya bunyi-bunyian yang tidak wajar. Bila terdengar bunyi bergemuruh, perhatikan karakter bunyinya.

Jika nada bisingnya selaras dengan putaran mesin kemungkinan kerusakan ada di bagian bearing pompa air, bearing alternator, bearing puli tensioner, bearing puli AC, atau bagian komponen mesin. Dalam jangka pendek hal ini tidak membahayakan. Namun, dalam jangka panjang dapat merambat ke komponen yang berkaitan dengan kerusakan bearing.

Jika suara bising itu berubah nadanya sesuai dengan kecepatan kendaraan kemungkinan ada komponen yang bermasalah (aus) bukan di bagian mesin. Biasanya hal itu akibat komponen bearing yang aus dan butuh penggantian. Bisa bearing roda, bearing as propeler (gardan) di bagian belakang, atau bearing as transmisi di gardan depan.

Gemuruh juga bisa diakibatkan kondisi ban yang aus. Pada model dan jenis ban tertentu terkadang bisa menyebabkan gemuruh saat kondisinya mulai aus. Hal ini memang tidak berbahaya selama kembangan tapaknya belum menyentuh batas TWI (tire wear indicator) yang posisinya ditandai simbol segitiga di bagian dinding ban dekat dengan tapak ban.

Periksa juga kondisi kaki-kaki kendaraan. Biasanya kondisi jalan di luar kota kurang baik sehingga membuat geometri kaki-kaki berubah. Bawalah ke bengkel spooring (wheel alignment), dan mintalah mekanik untuk memeriksa kondisi kaki-kaki seperti bushing dan ball joint sebelum di-spooring. Jika ada bushing dan ball joint yang sudah aus, segera ganti karena kerusakan pada kedua komponen tersebut dapat mengakibatkan mobil tidak bisa berjalan lurus (setir narik ke kiri atau ke kanan) di jalan yang tidak rata. Dampak lainnya ialah membuat usia pakai ban menjadi lebih pendek akibat kondisi roda-roda yang tidak selaras.

Dengan perawatan kendaraan yang benar membuat kendaraan selalu dalam kondisi prima sehingga kapan pun dibutuhkan, ia selalu siap melayani Anda ke tempat tujuan dengan cepat, aman, dan nyaman.

BERITA TERKAIT