Reli Mobil Nasional Jajal Kawasan Wisata Lombok


Penulis: Yusuf Riaman - 23 November 2018, 10:40 WIB
MI/Yusuf
 MI/Yusuf

SEKITAR seratus pereli mobil nasional dari berbagai provinsi akan menjajal sejumlah kawasan wisata di Pulau Lombok. Para pereli mengikuti event Pesona Lombok Wisata Rally NTB Bangkit 2018-IMI Peduli NTB yang akan dilepas oleh Sekretaris Daerah NTB, Rosiady H Sayuti, Sabtu (24/11) pagi.

"Kegiatan ini kami selenggarakan untuk mendukung Lombok Bangkit pascagempa menerjang beberapa waktu lalu," kata Ketua Ikatan Mobil Indonesia (IMI-NTB), M Nurhaedin kepada wartawan di Mataram, di Jumat (23/11).

Sejumlah peserta reli yang hadir di Lombok kali ini dan bersaing ketat merebut posisi terdepan antara lain tim dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

"Bahkan tahun ini akan hadir peserta dari Papua, sedangkan dari NTB sendiri ada dari tim pemula, klub, komunitas, sponsor, dan juga instansi swasta juga ambil bagian pada reli kali ini," kata Nurhaedin.

 

Baca juga: Pemkab Banyumas Pikirkan Akses ke Lokasi Wisata dari Pantura

 

Dikatakan Nurhaedin, Pesona Lombok Rally Wisata ini, dilaksanakan dalam dua etape. Hari pertama, Sabtu (24/11), mengarah ke Lombk Utara dan Lombok Barat sembari peserta melihat lokasi pascagempa di Lombok Utara diselingi dengan pemberian bantuan kepada masyarakat.

Pada hari kedua, Minggu (25/11), peserta reli akan menempuh rute Wilayah Kota Mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah dengan melihat kawasan Mandalika Resort Kuta yang sekarang semakin cantik.

Reli ini akan dikemas dalam bentuk fun rally, yakni para pereli secara tidak langsung mengikuti kejuaraan reli nasional dengan teknik time rally

Di sini para peserta secara sadar lebih memahami rute-rute menarik antara lain rute perjalanan destinasi wisata, pedesaan, sekolah-sekolah, perkantoraan dan sebagainya.

Para peserta saat start dari depan Hotel Montana Premier Senggigi akan diberikan soal (rahasia) oleh tim racing committte terkait rute yang dilalui untuk mendapatkan point dengan stempel selama perjalanan.

Kepala DInas Pariwisata NTB, H Lalu Moh. Faozal menyambut baik tersenggaranya event reli ini. 

"Saya kira ini bagian dari recovery," kata faozal.

Sebagaimana diakui oleh General Manager (GM) Montana Premier Senggigi, Binang Odi Alam, hotel di tempatnya sempat tutup selama dua bulan akibat gempa menejang Lombok beberapa bulan lalu. Saat ini, tingkat 
hunian baru sekitar 30%. 

"Karena itulah, dengan adanya reli wisata ini, kami ingin ada kesan NTB sudah aman dikunjungi. Kegiatan ini sangat membantu sekali untuk menunjukkan NTB mulai bangkit, katanya.

Reli Wisata tahun ini dihadiri Sekjen IMI Pusat, Jeffry JP sekaligus mengikuti kejuaraan nasional Time Rally putaran ketiga 2018 setelah sebelumnya dilaksanakan di Jawa Timur, Bali, sekarang NTB dan putaran 
keempat Kejurnas akan dilaksanakan di Kalaimantan Selatan. (OL-3)

BERITA TERKAIT