Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Cetak Tenaga PAUD Berkompeten


Penulis: micom - 13 November 2018, 17:00 WIB
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
 ANTARA FOTO/R. Rekotomo

DIREKTORAT Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas meluncurkan program unggulan yaitu Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang diawali pada tahun 2011 untuk meningkatkan performa dan kompetensi Guru PAUD.

Pada tahun 2018, Diklat Berjenjang mengalami penyesuaian menjadi Diklat Guru Pendamping Muda (Diklat Berjenjang Tingkat Dasar) mengikuti standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

"Selain memiliki pengetahuan yang memadai, pelatih juga harus memiliki kemampuan dalam proses pembelajaran serta kemampuan dalam berinteraksi dengan peserta pelatihan. Pelatih bertanggung jawab atas penyampaian materi serta pada hasil penilaian peserta. Dengan demikian ketersediaan pelatih yang mumpunibisa tercukupi," ungkap Direktur Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas, Abdoellah, beberapa waktu lalu.

Pelatihan Calon Pelatih Diklat Berjenjang Tingkat Dasar pada tahun 2018 diadakan di 5 regional di Indonesia yaitu Surabaya, Makassar, Medan dan Padang. Kegiatan ini menyasar 322 calon pelatih diklat yang diharapkan mampu menjawab tantangan kekinian masalah PAUD seperti pendidikan karakter dan pencegahan Stunting.

Diharapkan di tahun mendatang hasil dari pelatihan tersebut bisa bermanfaat banyak dalam peningkatan kualitas PAUD khususnya memperluas akses guru PAUD mendapatkan pelatihan yang bermutu (Diklat Berjenjang) guna meningkatkan kompetensi guru, mutu layanan PAUD dan perkembangan Anak Usia Dini. (X-11)

BERITA TERKAIT