16 August 2018, 07:35 WIB

Hadapi Tantangan demi Harga Diri Bangsa


X-13 | HUT RI

 

PERINGATAN HUT ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini membawa semangat perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan ke masa kini. Tepat pada tahun ini pula Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memasuki masa empat tahun menjalankan pemerintahan.

Berbagai tantangan dihadapi dan sejumlah capaian pun dicatat. Mulai pencapaian Global Competitiveness Index 2017-2018 yang menempatkan Indonesia pada posisi 36 dari 137 negara di dunia, pembangunan infrastruktur yang masif di Tanah Air, pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan, fokus membangun sumber daya manusia, hingga berbagai upaya pemerintah menghadapi tantangan yang datang dari dalam dan luar negeri.

Tantangan dalam pelaksanaan proses pembangunan itu wajar dan harus kita hadapi. Tantangan yang kita hadapi dewasa ini juga dihadapi negara-negara lain, antara lain dalam bentuk gangguan keamanan dan ketidakpastian perekonomian global. Dalam menghadapi itu pemerintah segera menyiapkan langkah-langkah terbaik untuk memperkuat ekonomi.

Sebagai koran nasional yang membawa tagline Jujur Bersuara, kami terdorong untuk menyuarakan semangat membangun yang dilakukan anak bangsa dalam edisi khusus bertema Kerja kita demi Indonesia berdaya.

Dengan tema tersebut kami berupaya menggambarkan segala upaya yang telah dilakukan anak bangsa (pemerintah, swasta, dan masyarakat) hingga kini dengan satu tujuan, yakni Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Penyelenggaraan Asian Games Ke-18 di Jakarta dan Palembang pun menjadi perhatian dalam edisi khusus ini. Ajang olahraga terbesar di kawasan Asia itu pun menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa ini. Berbagai arena pertandingan dan infrastruktur berkualitas internasional dibangun demi harga diri bangsa. Di ajang ini pula para atlet Indonesia akan berjuang meraih prestasi untuk mengangkat harga diri bangsa. (X-13)

BERITA TERKAIT