29 March 2023, 04:22 WIB

Stok Pangan Aman hingga Lebaran, Polri: Jangan Panic Buying


Mediaindonesia.com |

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memastikan stok pangan aman hingga lebaran tahun ini. Dengan demikia, ia mengimbau masyarakat untuk tidak panic buying dan berbelanja bahan pokok sesuai kebutuhan masing-masing.

“Kami menginformasikan kepada masyarakat untuk tetap tenang. Ketersediaan pangan secara nasional ini cukup,” ujar Divisi Humas Polri Dedi Prasetyo di Jakarta, Selasa (28/3).

Hal tersebut ias sampaikan setelah mendengar pemaparan dari Satgas Pangan dan Kepala Badan Pangan Nasional dalam diskusi publik bertajuk Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang Mudik Lebaran 2023 yang diselenggarakan oleh Divisi Humas Polri.

Baca juga: Bapanas Siapkan Langkah Antisipasi Kenaikan Harga Pangan

Dari hasil diskusi tersebut, Dedi merangkum ketersediaan pangan secara nasional aka naman hingga April mendatang. Sementara, terkait harga, menurutnya ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan namun dalam batas wajar, seperti minyak goreng, cabai, dan beras.

Meski begitu, Polri melalui Satgas Pangan akan terus memantau ketersediaan dan keterjangkauan bahan pokok baik dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.

Baca juga: 123 Juta Orang Siap Mudik, Pemerintah Imbau Tidak Gunakan Sepeda Motor

“Pemantauan ini dilakukan setiap hari, informasi ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan dilaporkan setiap hari Senin dalam rapat pimpinan daerah, maupun pusat. Diperbarui terus untuk ketersediaan pangannya seperti apa, untuk di tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional. Kemudian juga harga-harganya apakah dalam batas wajar ini semua dipantau,” jelasnya.

Selain ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan, diskusi publik itu juga memberikan informasi terkait kesiapan pemerintah dalam sarana dan prasarana angkutan lebaran, serta langkah-langkah antisipasi dalam menciptakan arus mudik dan balik yang nyaman serta berkesan.

Mantan Kapolda Kalimantan Tengah itu mengatakan Divisi Humas Polri bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan juga media untuk memberikan informasi persiapan mudik lebaran secara lebih akurat kepada publik.

“Sehingga masyarakat dapat menyiapkan rencana apabila akan melaksanakan mudik nanti,” tandasnya. (Ant/Z-11)

BERITA TERKAIT