22 April 2022, 23:13 WIB

Ramadan Jadi Momen Tepat Mempererat Persatuan dan Kesatuan Umat Beragama 


Mediaindonesia.com |

KETUA Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) Edi Lukito mengatakan, Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk mempererat persatuan dan kesatuan khususnya bagi umat muslim Surakarta. 

Hal itu disampaikan dalam acara buka puasa bersama bertema "Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah Dalam Rangka Menyongsong Ramadhan yang Damai" yang diikuti oleh 100 anggota LUIS dan masyarakat sekitar di Masjid Jamu Baitusalam Tipes, Jl. Veteran No.1 Surakarta, Jawa Tengah. 

"Dengan adanya tausiah di bulan ramadan ini dapat mempererat kerukunan sehingga di bulan suci ini dapat berlangsung dengan damai," kata Edi. 

Menurutnya, Solo Raya sebagai barometer Indonesia dan diharapkan dapat menjadi pioner dalam menjaga kerukunan antar umat beragama sehingga tercapai kedamaian di masyarakat. 

Selain itu, Edi juga mengimbau kepada anggota LUIS bersama ormas islam lainnya maupun masyarakat Solo Raya untuk bersama-sama menjaga kerukunan dan kesatuan guna merawat keutuhan NKRI. 

"Ormas LUIS merupakan salah satu Ormas Islam yang ada di Surakarta yang selama ini dikenal aktif menyuarakan amal maruf nahi mungkar, dalam bulan ramadhan ini mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan ukuwah islamiyah sehingga dapat tercipta kedamaian dan keharmonisan antar umat beragama," ujarnya. 

Baca juga : Lewat Dai Muda, Polri Ajak Tebarkan Narasi Kamtibmas

Sementara itu, Uztaz Masud izul mujahid juga menyampaikan dalam tausiyahnya untuk bersama-sama meningkatkan Keimanan sehingga tercapai segala kenikmatan dan kedamaian. 

Menurut Masud, di bulan suci ini seluruh umat muslim harus untuk berlomba lomba dalam kebaikan sehingga dapat meraih berkah Ramadan. 

"Mengajak seluruh umat muslim khususnya di wilayah Solo raya untuk meningkatkan keimanan dan rasa syukur dengan beribadah terhadap sesama salah satunya meningkatkan toleransi antar umat beragama," ujarnya. 

Selain itu, Ia juga meminta para umat beragama untuk menjaga kerukunan. Pasalnya, menjaga kerukunan merupakan salah satu bentuk dan wujud beribadah dalam meningkatkan ukhuwah islamiah 

"Mengharapkan kepada seluruh muslim untuk menghidupkan rumahnya dengan membaca Alquran, mengajarkan ilmu yang bermanfaat dan meningkatkan tali silaturahmi baik dengan sesama umat muslim maupun antar umat beragama," jelasnya. 

"Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya pada bulan Ramadan ini senantiasa diberikan kedamaian dan ketenangan dalam melaksanakan ibadah puasa dan Idul Fitri 2022 dan menjadi kewajiban umat muslim khusunya umat muslim diwilayah Solo Raya untuk selalu menerapkan silaturahmi guna meningkatkan ukuwah islamiyah dalam bingkai kebhinekaan sehingga dapat terpeliharanya NKRI HARGA MATI," pungkasnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT