09 April 2022, 23:20 WIB

Berbuka Puasa Lebih Istimewa dengan Menu Nusantara Arts Cafe by Raffles


Zubaedah Hanum |

BULAN suci Ramadan menjadi momen istimewa bagi seluruh umat Islam di dunia, termasuk Indonesia. Hotel Raffles Jakarta mengambil momen keistimewaan Ramadan tersebut untuk menciptakan kenangan tak terlupakan lewat sajian kuliner Nusantara.
 
Mulai 2 April hingga 30 April 2022 mendatang, salah satu hotel mewah yang terletak di kawasan Jakarta Selatan itu, menyajikan beragam kuliner khas Ramadan. Bertempat di lantai 1, Arts Café by Raffles menyajikan menu Nusantara hasil kreasi dari Chef Lukman.  

“Ramadan adalah bulan di mana keluarga dan teman berkumpul untuk merayakan semangat memberi dan berbagi. Pada kesempatan spesial ini Raffles Jakarta memiliki beragam sajian menarik yang akan membuat tamu kami berbuka puasa benar-benar luar biasa. Tamu-tamu tercinta kami pasti akan nikmati pengalaman indah dan tak terlupakan saat mereka mencoba berbagai hidangan,” kata Mirah Marhaendra, Direktur Pemasaran dan Komunikasi Hotel Raffles Jakarta.

Apa saja menu istimewa Nusantara tersebut? Chef Lukman mengatakan, para tamu bisa mencicipi hidangan lezat seperti tuna na niura, nasi bebek ireng, rawon bakso, barramundi arsik, josper grilled tiger prawn (udang bakar josper), sate daging sapi tenderloin kering, dan rendang tortellini.

Nikmati juga aneka pilihan hidangan pembuka, penutup dan jajanan pasar yang menggugah selera. Beragam minuman khas Nusantara seperti es kuwut Bali, ie boh timon (air timun) dari Aceh, es campur, sampai minuman jamu ramuan beras kencur akan memanjakan lidah Anda.

Berbagai menu istimewa yang disajikan secara prasmanan ini bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp450.000++ per orang.

Tidak hanya mencicipi, para tamu juga bisa menyaksikan secara langsung aksi sejumlah koki Arts Café by Raffles mengolah beragam bahan menjadi siap santap di live cooking station.

Salah satu menu yang diolah di live cooking station adalah Sei Sapi en Croute, berisi daging sei berlapis daun kale yang dibalut dengan adonan pastry. Makanan ini disajikan dengan saus dan sambal matah yang beraroma serai yang tajam, serta pedas. Keripik kale garing nan renyah yang disertakan membuat mulut tak berhenti untuk mengunyah. Selain menu ini, pilihan lain yang bisa dinikmati di live cooking station adalah seafood lumpia Semarang, rawon bakso dan gado-gado.
 
Jangan khawatir, berbuka puasa dengan hidangan prasmanan di sini telah mengikuti langkah-langkah protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang ketat. Para tamu akan dilayani dan diambilkan makanan dan minumannya oleh para pelayan. Tamu juga bisa memesan makanan untuk diantarkan ke mejanya.

Chef Lukman mengatakan, dirinya sengaja mengambil inspirasi masakan Nusantara sebagai ide utama menu buka puasa di Arts Cafe by Raffles kali ini. Hal itu didasari pengalaman travellingnya ke sejumlah daerah di Indonesia, seperti Sumatra Utara, Jawa Timur, dan Bali.

"Kita mau angkat lagi dan eksplor lagi citarasa lokal kuliner Indonesia ke level yang lebih bagus. Banyak tamu dari luar indonesia di sini yang menyukai citarasa kuliner Indonesia," katanya.

Tidak heran, jika beberapa menu Nusantara yang disajikannya menggunakan bumbu lokal seperti andaliman untuk menu barramundi arsik dan tuna na niura, serta kluwek untuk rawon bakso. Meski bumbu berbeda, kualitas bahan baku dan teknik memasak menjadikan menu yang sama memiliki citarasa berbeda.

Rawon bakso misalnya, tidak menggunakan daging sapi biasa, melainkan daging jenis wagyu sehingga tekstur daging menjadi lebih lembut ketika dikunyah. Lalu, nasi bebek ireng dimasak dengan teknik khusus bernama 'sous vide' yang berasal dari Prancis.

Teknik sous vide menggunakan kantung kedap udara berisi bahan makanan yang dimasukkan ke dalam wadah dengan air bersuhu tertentu. Teknik ini mampu mempertahankan saripati dan nutrisi makanan seperti daging, agar tetap terjaga. (H-2)

BERITA TERKAIT