04 May 2021, 20:00 WIB

Silaturahmi Virtual Tak Kurangi Berkah Lebaran


Lilik Darmawan | Ramadan

Pengurusa Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Banyumas, Jawa Tengah, mengimbau kepada warga perantauan khususnya Banyumas untuk tidak mudik ke kampung halaman. Silaturahmi saat Lebaran dapat dilaksanakan secara virtual dan tidak akan mengurangi berkah Lebaran.

Ketua PCNU Banyumas Sabar Munanto mengatakan bahwa pihaknya terus mengimbau kepada umat muslim yang berada di perantauan untuk tidak mudik. 

Baca juga: Wapres: Semangat Beragama tanpa Diimbangi Ilmu itu Bahaya

"Saya mengimbau kepada masyarakat Banyumas yang ada di luar wilayah untuk tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran. Sebab,
silaturahmi virtual dapat dilakukan. Hal itu tidak akan mengurangi berkah Lebaran, kata Sabar saat berada di Polresta Banyumas pada Selasa (4/5).

Dikatakan oleh Sabar, jika masyarakat menyayangi keluarga, maka tidak perlu mudik. Sebab, bisa saja pemudik membawa virus Covid-19. "Tidak mudik itu sebagai ikhtiar untuk menjaga kesehatan bersama. Silaturahmi dapat dilaksanakan dengan jalan lain, melalui media sosial seperti video call dan lainnya. Mudah-mudahan, hal itu tidak mengurangi keberkahan di bulan Ramadan dan saat Lebaran," ujarnya.

Dia mengajak seluruh warga untuk mengindahkan anjuran dan larangan pemerintah. Sebab, menjaga kesehatan sesungguhnya sebuah ibadah dan dalam rangka ikhtiar untuk mencegah malapetaka. "Mari kita mennjaga  situasi agar kesehatan masyarakat tetap terjaga. Termasuk dalam
beribadah, harus tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat," tandasnya. (h-3)

BERITA TERKAIT