04 May 2021, 19:50 WIB

Wapres: Semangat Beragama tanpa Diimbangi Ilmu itu Bahaya


Emir Chairullah | Ramadan

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin meminta para ulama dan pengurus masjid lebih mendalami keilmuan dalam menjalankan keagamaan. Hal ini untuk menghindari praktik sesat menyesatkan yang menimbulkan perpecahan di kalangan masyarakat.

"Jadi semangat beragama tapi tidak diimbangi keilmuan yang memadai itu berbahaya,” kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangan persnya, Selasa (4/5).

Hal dikatakannya menanggapi beredarnya video yang menunjukkan sejumlah pengurus masjid melarang dan mengusir seorang warga dari sebuah masjid karena menggunakan masker saat beribadah shalat. Dalam video tersebut, salah satu pengurus Masjid Al Amanah Kota Bekasi Abdurohman mengatakan alasan pelarangan tersebut sesuai dengan Surat Al Imran ayat 96. Menurut dia, menggunakan masker di dalam masjid sama dengan menempatkan rumah ibadah seperti pasar.

Lebih lanjut Masduki mengakui adanya gejala masyarakat yang merasa menjalankan agama tapi tidak diimbangi pemahaman agama yang kuat. Seharusnya pengurus masjid maupun ulama lebih memahami konteks ketika sebuah ayat Al Quran diturunkan.

"Dia bilang kalau sudah masuk ke masjid itu aman. Padahal konteksnya itu adalah Masjidil Haram. Tapi kan konteksnya beda. Kan di Masjidil Haram juga masuk pakai masker,” ujarnya.

Masduki menilai peristiwa di Bekasi tersebut sebagai peringatan bagi ormas Islam untuk mengevaluasi langkah sosialisasi beribadah sesuai protokol kesehatan COVID-19. “Ini tanggung jawab kita semua, ya MUI, ormas-ormas keagamaan seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, juga Dewan Masjid (Indonesia), bagaimana supaya ada jejaring kuat, saling memberikan pengertian bahwa memakai masker di kondisi pandemi ini adalah bagian dari pemahaman agama," jelasnya.

Menurut Masduki, yang juga Ketua MUI bidang Informasi dan Komunikasi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepolisian RI dan MUI Kota Bekasi untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Pihaknya juga telah melakukan konsolidasi dengan MUI daerah agar peristiwa serupa di Kota Bekasi tidak terjadi di daerah lain.

“Saya sebagai Ketua MUI harus lebih intensif berkoordinasi ke bawah, ke MUI-MUI daerah, bagaimana mereka mengkonsolidasi kader-kadernya untuk mengisi kegiatan,” katanya. (OL-13)

Baca Juga: Orang Munafik tidak Diberi Ampunan Allah SWT

BERITA TERKAIT