03 May 2021, 16:00 WIB

Jamaah Masjid Al-Furqon Kembali Santuni Anak Yatim dan Dhuafa


mediaindonesia.com | Ramadan

RAMADAN 1442 Hijriah/2021 Masehi kali ini kembali jamaah Masjid Al-Furqon, Perumahan Depok Baru 1, di RW 20 Bojonggede, Kabupaten Bogor memberikan santunan untuk anak yatim dan dhuafa di lingkungan masjid.

"Alhamdulillah kegiatan rutin ini kembali bisa dilaksanakan, berkat kerjasama semua pihak dan donatur yang iklas mendonasikan bantuannya sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik," ungkap Ketua DKM AL-Furqon Ir Rahmat dalam sambutannya, kemarin.

Pelaksananya, jelas Rahmat, mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah yakni dengan menjaga jarak, memakai masker dan panitia menyiapkan masker bagi yang lupa memakainya serta menyiapkan hand sanitizer. Kegiatan pemberian santunan merupakan agenda rutin DKM Al-Furqon sarana bersedakah bagi jamaah untuk memberikan kebaikan bagi lingkungan.

"Kali ini kami memberikan santunan untuk yatim dan dhuafa sebanyak 50 orang, uang dan bahan pokok. Semakin banyak donatur maka semakin banyak juga nantinya santunan yang kami berikan," ujar Rahmat.

Tahun lalu, awal-awal pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu, DKM Al Furqon juga memberikan santunan bagi yatim dan dhuafa. Namun, suasananya tidak seperti saat ini karena kegiatan masjid relatif ditutup.

Sementara itu, disela-sela santunan yatim dan dhuafa digelar tausyiah Ramadan oleh ust. Slamet Riyadi. Dalam tausyiahnya, Slamet Riyadi mengingatkan kita semua bahwa orang yang bersedekah maka ia seperti air yang memadamkan api.

"Dosa-dosa kita dihapuskan dengan pahala kebaikan yang berlimpah dari amalan sedekah. Dengan sedekah, Allah SWTakan menghapus dosa-dosa hamba-Nya. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk bersedekah. Kita juga tidak pernah tahu, berapa besar dosa-dosa yang kita miliki. Untuk itulah, sedekah bisa menjadi salah satu amalan yang harus konsisten kita lakukan," ujarnya.

Ust Slamet Riaydi menyitir hadis Rasulullah Saw bahwa Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).

Selain itu, Rasulullah SAW menjelaskan tentang adanya 7 tipe manusia yang memperoleh naungan di hari akhir. Dimana di hari itu tidak akan ada naungan lain yang bisa didapatkan selain dari Allah Ta’ala. Salah satu jenis amalan itu merupakan manusia yang gemar bersedekah dan melakukannya dengan menggunakan tangan kanannya.

“Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalannya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya, hadis sahih Bukhari," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Berhati-hati pada Golongan Munafik

 

BERITA TERKAIT