18 September 2023, 14:36 WIB

Merapat ke Prabowo, AHY Pamit ke Puan


Fachri Audhia Hafiez |

KETUA Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disebut berpamitan ke Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Momen pamitan itu usai Partai Demokrat menyatakan mendukung bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

"Begitu Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat kemarin selesai mengambil keputusannya, Mas AHY sebagai ketua umum yang punya hubungan sangat baik dengan Mba Puan mengirim pesan dan pamit," kata Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 18 September 2023.

Hinca mengungkapkan pesan yang disampaikan ke Puan itu yakni menjelaskan soal keputusan Partai Demokrat. Diskusi telah terjadi di internal partai berlogo mercy itu.

Baca juga: NasDem Hormati Keputusan Demokrat Dukung Prabowo

"Mba 'kami telah begini begini' seperti saya jelaskan tadi itu, 'telah terjadi dialog diskusi dan cukup panjang tapi memang waktu yang sangat terbatas MTP harus mengambil keputusan, maka kami memutuskan hari ini seperti ini mohon maaf belum bisa bersama di tahun 2024 tapi komunikasi dan silaturahmi terus kita jaga untuk membangun negeri bersama-sama," beber Hinca.

Hinca mengatakan Puan langsung merespons. Puan juga memastikan komunikasi Demokrat dan PDIP berjalan.

"Enggak berapa lama langsung dijawab, bagus baik mas terima kasih kita jaga silaturahmi, ini komunikasi saya kira komunikasi berdua sangat bagus sekali sesama putri dan anak presiden saya kira contoh yang baik dan menarik," ujar Hinca.

Baca juga: Resmi Dukung Prabowo, SBY Siap Turun Gunung

Puan dan AHY sempat melakukan pertemuan beberapa waktu lalu. Komunikasi keduanya juga terjalin hangat.

Partai Demokrat telah menyatakan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Deklarasi resmi dukungan terhadap Prabowo itu rencananya juga disampaikan pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat pada Kamis, 21 September 2023.

"Deklarasi resmi untuk keputusan ini, akan disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang diikuti ribuan pengurus Partai Demokrat dari seluruh Indonesia," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya melalui keterangan tertulis.

(Z-9)

BERITA TERKAIT