16 September 2023, 14:10 WIB

Viral Video Presiden Jokowi Minta PKB untuk Dukung Prabowo-Erick


Zubaedah Hanum, Hariyanto |

VIRAL video Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah KH Muhammad Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf yang mengungkap cawe-cawe Presiden Joko Widodo. Dalam video tersebut Jokowi meminta PKB untuk mendukung pasangan Prabowo Subianto-Erick Thohir sebagai capres dan cawapres Pemilu 2024.

Gus Yusuf mengungkap pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, untuk mengirimkan undangan menghadiri acara harlah ke-25 PKB di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah pada Minggu (23/7/2023).

Dalam pertemuan itu, Gus Yusuf bersama Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tiba-tiba diminta Jokowi untuk mendukung pasangan Prabowo-Erick Thohir.

Baca juga : Pegang Data Intelijen Mengenai Parpol, Jokowi: Saya Tahu Mereka Menuju Kemana

"Puncaknya adalah ketika harlah di Solo, sebelum harlah saya dampingi Cak Imin ke Istana mengundang Jokowi hadir di harlah. Tiba-tiba di Istana itu Pak Jokowi menawarkan, ini Pak Prabowo sama Pak Erick sudah ketemu, kayaknya sudah cocok, mau berangkat. Prabowo-Erick, maka saya minta PKB untuk mendukung," kata Gus Yusuf dikutip Sabtu (16/9/2023).

Saat mendapat permintaan Jokowi untuk mendukung pasangan pilihan Jokowi itu, Gus Yusuf dan Cak Imin kaget.  "Uh ini ora ono udan ora ono bledek ujug-ujug. Terus Cak Imin nyawang kulo (memandang saya), sampeyan piye Gus. Waduh aku iki sing dikongkon (saya diminta) jawab iki. Akhirnya saya yang matur ke Pak Jokowi. 'Nyuwun sewu Bapak, kalau PKB diminta dukung Prabowo-Erick jujur kita keberatan'," kata Gus Yusuf.

Baca juga : Jokowi Tegaskan Menteri Tak Perlu Mundur saat Nyapres

Jokowi merespons hal itu dengan menanyakan alasan PKB menolak capres-cawapres pilihannya.

"Alasane nopo Gus. 'Ya karena kedua-duanya tidak ada irisan dengan NU. Kira-kira di bawah kiai pripun (bakal bertanya-tanya) Pak? Saya sampaikan terbuka waktu itu, intinya kita nolak lah," kata Gus Yusuf.

Tanggapan Gus Yusuf

Saat Media Indonesia meminta klarifikasinya pada Sabtu (16/9), Gus Yusuf membantah bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah meminta agar Ketua Umum Muhaimin Iskandar mendukung Prabowo-Erick Thohir, capres-cawapres Pemilu 2024.

"Salah ,tidak benar itu," tegas  Pengasuh Pondok Pesantren Salaf Magelang ini melalui pesan whatsapp yang disampaikan Media Indonesia tanpa menjelaskan lebih jauh persoalanya.

Oleh karena itu,dia menyarankan agar persoalan itu ditanyakan langsung Ketua Umum PKB. "Lebih baik tanya saja ke pak Muhaimin,"  katanya. (Z-4)

BERITA TERKAIT