25 March 2023, 14:43 WIB

Piagam Koalisi Bukti Mesin Politik Terkonsolidasi


Sri Utami |

Piagam Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang telah ditandatangani oleh Ketua Umum tiga partai politik merupakan bukti konkrit telah terkonsolidasinya mesin politik calon presiden Anies Baswedan. Penandatanganan piagam koalisi perubahan ini seolah menegasikan berbagai tudingan berbagai pihak yang apriori terhadap soliditas koalisi ini.

Pernyataan ini disampaikan pakar Ilmu Politik Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam saat dihubungi, Sabtu (25/3).

"Ini bukti konkrit telah terkonsolidasinya mesin politik calon presiden Anies Baswedan. Penandatanganan piagam koalisi perubahan ini seolah menegasikan berbagai tudingan berbagai pihak," ucapnya.

Baca juga: Pengamat Nilai Koalisi Perubahan Dinilai Lebih Maju

Baca juga: Koalisi Perubahan Tetap Buka Pintu ke Parpol Lain

Selanjutnya pasca resminya koalisi perubahan ini Anies harus segera memimpin mesin politik pendukungnya untuk cepat bergerak melakukan langkah-langkah percepatan, terutama terkait penentuan calon wakil presiden, program sosialisasi bersama 3 partai politik, hingga penguatan narasi-narasi perubahan untuk mengonsolidasikan basis pemilih loyalnya menuju Pemilu 2024 mendatang.

"Ini yang harus segera dilakukan sebagai langkah pasti," tukasnya.

Sebelumnya pada Jumat (24/3), Partai NasDem, Demokrat dan PKS resmi menandatangani piagam kerja sama sebagai koalisi pengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. Isi piagam itu diumumkan di Jakarta pada hari ini, Jumat (24/3). Ada enam poin kesepakatan yang ditandatangani dalam piagam tersebut.

(Sru)


 

BERITA TERKAIT