11 February 2023, 16:30 WIB

Beralih ke KTP Digital, Kemendagri Tetap Lanjutkan Pengadaan Blanko


Indriyani Astuti |

DIREKTUR Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakhrulloh menjelaskan meskipun saat ini pemerintah tengah berencana menerbitkan KTP-E versi digital untuk menyiasati ketersediaan blanko yang terbatas, tetapi Dukcapil tidak menghentikan pengadaan blanko untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E).

"Ini (KTP-E versi digital) tidak menyetop blanko. Yang tidak bisa ke KTP digital, tetap dilayani dengan blanko KTP-E," ujar Zudan, Sabtu (11/2).

Untuk dapat mengakses pembuatan KTP digital, Zudan mengatakan masyarakat bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi IKD. Proses pendaftaran dilakukan di kantor Dukcapil untuk proses verifikasi dengan teknologi face recognition.

Baca juga: TNI AD akan Bentuk Kodam di Setiap Provinsi

Masyarakat yang sudah mempunyai identitas kependudukan digital (IKD), imbuh dia, tidak lagi membutuhkan KTP-E fisik sebab datanya sama. "Yang sudah bisa digital, kita biasakan menggunakan identitas kependudukan digital (IKD)," terangnya.

Guna memperluas akses IKD bagi masyarakat yang menggunakan telefon pintar (smartphone), Zudan mengatakan Dukcapil tengah mengupayakan aplikasi IKD dapat diakses pengguna sistem operasi seluler yang dibuat dan dikembangkan oleh Apple (IOS).

"Akhir Februari 2023 ini bisa," tukasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT