23 January 2023, 13:51 WIB

Terduga Teroris Direkrut Saat di Nusakambangan


Theofilus Ifan Sucipto |

TIM Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus) Polri mengatakan terduga teroris berinisial AW (39) merupakan mantan narapidana narkoba. AW diduga direkrut ke organisasi Anshor Daulah selama di sel.

"Direkrut oleh salah satu jaringan yang berada satu sel dengan tersangka selama di Nusakambangan," kata juru bicara Densus 88 Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, hari ini.

Aswin mengatakan AW bebas pada 2020. Kini, AW menjadi tersangka tindak pidana terorisme usai ditangkap di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Terduga Teroris Gunakan Facebook dan Telegram Unggah Konten Provokatif

"(Jaringan AW) masih didalami penyidik. Pada dasarnya terorisme adalah sebuah aksi yang dilakukan oleh jaringan," jelas dia.

Sebelumnya, Polri menangkap tersangka terorisme jaringan ISIS di DIY. Penangkapan dilakukan pada Minggu, 22 Januari 2023

"Pukul 06.00 hingga 09.00 WIB telah dilakukan penangkapan satu orang target tindak pidana terorisme berinisial AW (39) di sekitar area Jalan Pendowoharjo, Kabupaten Sleman, DIY," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Polisi Ahmad Ramadhan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, kemarin. (OL-4)

BERITA TERKAIT