22 January 2023, 20:45 WIB

NasDem Terus Tingkatkan Elektabilitas Anies


Sri Utami |

HASIL survei yang menunjukan tingkat elektabilitas Anies Baswedan yang kompetitif merupakan data penting yang akan menjadi bahan evaluasi Partai NasDem yang kemudian diproyeksikan dalam langkah politik ke depan untuk meningkatkan tren elektabilitas Anies Baswedan.

"Tentu yang menjadi temuan LSI ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk evaluasi dan kita nanti proyeksikan dalam menjalan langkah politik ke depan agar posisi Anies trennya harus dipertahankan untuk terus naik dan harus bisa di atas yang lain,” ujar anggota Fraksi NasDem Saan Mustofa, Minggu (22/1).

Saan mengungkapkan jika dilihat dari hasil berbagai survei, posisi Anies Baswedan terus meningkat bahkan mendekati posisi pertama. Namun, yang harus menjadi perhatian data survei bukanlah data statis tapi dinamis yang dipengaruhi banyak faktor.

"Memang dari semua lembaga survei yang kami ikuti dan sebenarnya hari ini kalau dilihat dari semua lemaga survei, justru posisi Anies dalam posisi agak mendekat Ganjar Pranowo walau pun kemarin bukan penurunan tapi Ganjar juga naik. Tapi memang banyak faktor dan data ini tidak statis tapi dinamis itu hal yang biasa. Kami akan terus berusaha mempertahankan tren dan meningkatkan. Hal itu sangat terbuka," paparnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. Ia mengatakan data tersebut akan menjadi pembelajaran untuk meningkatkan lagi elektabilitas Anis Baswedan.

"Potret survei ini sebagai realitas yang dinamis itu bukan data statis jadi kami menjadikan masukan yang sangat berharga. Kami akan meminta detailnya apa saja yang masih kurang dan belum optimal ini menjadi catatan kami mensosialisasikan Anis dan waktu masih cukup," ucapnya.

Sedangkan pengamat politik Universitas Airlangga Kris Nugroho menyebut kerja Anies dan NasDem sudah terlihat dari tingkat elektabilitas Anies yang terus bersaing. Posisi Anies yang tidak terbebani dan terbatas membuatnya dengan mudah masuk untuk memperkenalkan diri kepada publik di setiap daerah. Sehingga semakin terbuka safari politik dalam satu tahun ke depan semakin meningkatkan elektabilitas Anies dan juga NasDem.

"Keuntungan Anies merupakan suatu pesaing kuda lepas artinya dia memiiki kelebihan dia bebas untuk memilih cawapresnya jadi itu membuat leluasa keluar dari beban parpol. Dia makin free untuk melakukan aktifitas dan safari politik dan membuka ruang dengan parpol lain," ungkapnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT