22 January 2023, 15:40 WIB

NasDem Harap PKS-Demokrat Pastikan Dukung Anies sebelum Cawapres


Anggi Tondi Martaon |

PARTAI NasDem lebih senang jika Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. Setelah itu, baru ketiga pihak tersebut membahas calon wakil presiden (cawapres).

"Tidak elok kalau di luar pembicaraan cawapres tetapi kita juga belum pernah mendengar pernyataan dukungan terbuka dari partai-partai tersebut," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali saat dikutip Minggu (22/1). Dia mengakui pembahasan cawapres ini cukup alot. Bahkan, pendekatan yang dilakukan selama ini belum juga rampung karena persoalan cawapres.

Hal itu membuat partai yang mendeklarasikan pencalonan Anies tidak berubah. Baru NasDem yang telah mendklarasikan Anies sebagai bakal capres.

"Memang intens diskusi antara NasDem, Demokrat, PKS, tetapi sejauh ini kita belum pernah mendengarkan pernyataan mereka secara terbuka, belum mendengarkan secara terbuka tentang dukungan terhadap Anies," sebut dia.

Selain itu, dia enggan menanggapi pernyataan PKS yang mengaku tidak masalah Demokrat menyodorkan ketua umum mereka, Agus Harimurti Yudhoyono (AHH), sebagai cawapres. Sebab NasDem benar-benar menyerahkan pemilihan cawapres kepada Anies. "Saya tidak mau bicara tentang figur, cawapres, karena tentu harus kalau NasDem lebih tertarik bicara kriteria," ujar Ali. (OL-14)

BERITA TERKAIT