04 December 2022, 18:46 WIB

Erick Thohir Didukung Berbagai Segmen Masyarakat Untuk Jadi Cawapres


Widhoroso |

MENTERI BUMN Erick Thohir memiliki pendukungan di berbagai segmen masyarakat untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Temuan lembaga survei Indikator Politik Indonesia terbaru menyatakan dukungan Erick Thohir tersebut memiliki banyak klaster pemilih.

Klaster pemilih ini di antaranya adalah warga di perkotaan atau urban dan pemilih non muslim. Di samping klaster tersebut ada pemilih generasi muda dan umat muslim. "Erick Thohir didukung pemilih kota, NU, Islam dan non muslim," ungkap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.

Berkat dukungan ini, hasil survei terbaru dari IPI menunjukkan Erick Thohir berada di empat teratas cawapres pilihan masyarakat. Pun bukan berasal dari panggung kepala daerah dan ketua parpol Erick Thohir merupakan pemimpin yang diinginkan oleh masyarakat menjadi kepala pemerintahan melalui Pilpres 2024 mendatang. 

Indikator menemukan Erick Thohir memiliki elektabilitas sebesar 9,6 persen sebagai calon orang nomor dua Indonesia selanjutnya. "Erick Thohir menjadi salah satu figur cawapres yang diinginkan oleh publik, di antara nama teratas Erick Thohir bukan orang partai bukan juga kepala daerah, dia menteri," jelas Burhanuddin.

Seperti diketahui, banyak masyarakat yang memberikan dukungan kepada Erick Thohir untuk menjadi penerus dari Wapres KH Ma’ruf Amin. Menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut dinilai layak karena telah banyak melakukan kerja nyata untuk masyarakat.

Kerja nyata ini di antaranya adalah menanggulangi pandemi Covid-19 dengan mendatangkan jutaan vaksin dan memulihkan ekonomi nasional melalui berbagai program seperti KUR, Mekaar dan Makmur. Erick Thohir bahkan sudah bisa memproduksi vaksin Covid-19 sendiri bersama Bio Farma yang diberi nama IndoVac.

Tak hanya itu, Erick Thohir juga berhasil sebagai pemimpin yang memberantas korupsi di Kementerian BUMN. Kasus korupsi seperti Jiwasraya, Asabri dan Garuda Indonesia dapat terselesaikan berkat keterlibatan Erick Thohir. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT