01 December 2022, 16:37 WIB

Pascadeklarasi, Anies Baswedan Makin Digandrungi Pemilih


Yakub Pryatama Wijayaatmaja |

PENELITI dari Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menyebut nama Anies Baswedan semakin memperoleh atensi pemilih pascadeklarasi sebagai bakal calon presiden oleh Partai NasDem.

Bawono menerangkan dalam temuan survei pascadeklarasi ini, popularitas Anies Baswedan telah mencapai 89 persen.

"Sebelum deklarasi dan safari politik dilakukan popularitas Anies belum mendekati angka 90 persen," papar Bawono kepada Media Indonesia, Kamis (1/12).

"Peningkatan popularitas tersebut tentu saja juga mempengaruhi peningkatan elektabilitas Anies saat ini hingga berada di posisi dua besar," tambahnya.

Bawono menegaskan pemilih tidak mungkin memilih calon yang tidak dikenali.

Terpisah, Peneliti Trust Indonesia, Dr (c) Ahmad Fadhli melakukan survei nasional terhadap 5 kandidat Calon Presiden (Capres) yang memiliki potensial pada pemilu 2024 nanti.

Baca juga: Revisi UU IKN Bukan Karena Cacat Subtansi

Menurutnya, survei ini dilakukan untuk menilai kelayakan terhadap 5 kandidat calon Presiden RI 2024 Potensial, sekaligus untuk mengetahui Calon Presiden RI 2024 yang paling potensial.

Survei dilakukan secara online dalam rentang waktu 5 hari yaitu pada tanggal 7-11 Oktober 2022. Surveinya ditujukan kepada pakar yang memiliki pengetahuan lebih luas dan mendalam mengenai 5 kandidat Calon Presiden RI 2024.

Dari sisi Tingkat Kinerja Calon Presiden RI 2024, Anies Baswedan unggul 89,2% kemudian disusul oleh Prabowo 59,2% setelah itu oleh Ganjar Pranowo sebanyak 57,5%, Airlangga Hartarto sebanyak 30,4% dan terakhir Puan Maharani 15,9%.

Menurut Ahmad Fadhli, Anies Baswedan memiliki keunggulan terkait Tingkat Kinerja dari sisi Kapasitas dan Integritasnya dibanding calon-calon yang lain. (OL-4)

BERITA TERKAIT