23 November 2022, 17:26 WIB

Orientasi Pembelajaran Masa Depan Didasari pada Semangat Pancasila


Faustinus Nua |

WAKIL Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengungkapkan bahwa permasalahan di dunia pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Semua pihak perlu bergotong royong dalam mengimplementasikan pembelajaran masa depan yang berorientasi pada semangat Pancasila.

"Cara belajar melibatkan keaktifan pelajar hanya bisa terjadi lewat implementasi model pembelajaran yang baik, yang memiliki orientasi masa depan dan didasari dengan semangat budaya pelajar yang kuat dalam Pancasila," ujarnya dalam Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (23/11).

Baca juga: Sespimma Polri Gelar Seminar Tangkal Radikalisme

Menurut Rerie, salah satu permasalahan atau isu di dunia pendidikan adalah SDM guru. Guru merupakan katalisator pendidikan, sehingga berbagai program yang mendukung peningkatan kualitas dan profesionalisme guru perlu mendapat dukungan baik dari pemangku kebijakan maupun masyarakat.

Transformasi pendidikan lewat kebijakan Merdeka Belajar juga memprioritaskan peningkatan SDM guru. Sebab peran para guru sangat krusial dalam mengimplementasikan pembelajaran masa depan yang didasari semangat Pancasila.

"Kita mengawal transformasi guru, kemudian terjadi perubahan pola pikir untuk mengangkat potensi mereka. Ini menjadi tantangan di masa depan," imbuhnya.

Rerie pun berharap agar berbagai masukan dari semua stakeholder pendidikan bisa memperkaya pemangku kebijakan dalam mengambil keputusan. Sehingga, setiap kebijakan terkait pendidikan termasuk SDM guru di dalamnya benar-benar tepat sasaran. (OL-6)

BERITA TERKAIT