22 November 2022, 19:02 WIB

NasDem Bangun Posko Bantuan dan Dapur Umum di Cianjur


Anggi Tondi Martaon |

PARTAI NasDem bergerak cepat membantu korban gempa magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Badan Rescue NasDem ditugaskan membangun posko bantuan dan dapur umum di sejumlah lokasi bencana.

"Selain dapur umum, melalui kerja sama dengan jaringan dokter yang dimiliki, Badan Rescue juga akan memberikan layanan konseling bagi korban yang mengalami trauma," kata Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh melalui keterangan tertulis, hari ini.

Barisan Reaksi Cepat (Baret) Garda Pemuda NasDem juga telah diturunkan. Mereka ditugaskan memperbaiki infrastruktur berbagai fasilitas umum yang mengalami kerusakan.

"Baret akan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya meringankan beban korban bencana, khususnya mereka yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan," ungkap dia.

Surya Paloh juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia membangun solidaritas membantu korban gempa di Cianjur. Hal itu dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk bantuan.

Baca juga: BNPB: Korban Meninggal Gempar Cianjur Mencapai 268 Jiwa

"Baik bantuan fisik-nonfisik, bantuan material maupun spiritual, baik langsung maupun tidak langsung, baik besar maupun kecil," sebut dia.

Tak kalah penting, Surya Paloh mengajak seluruh masyarakat mengambil pelajaran penting dari bencana alam di Cianjur. Masyarakat harus adaptif terhadap berbagai potensi bencana alam di Indonesia.

"Indonesia, khususnya di pulau Jawa ini, adalah salah satu tempat yang dikenal sebagai ring of fire dunia," ujar dia.

Dia pun mengajak masyarakat membangun kesadaran terhadap potensi bencana. Tidak ada jalan lain selain berupaya selaras dan harmoni dengan alam.

"Semoga, sebagai bangsa, kita diberi kemampuan untuk senantiasa belajar dan mawas diri atas setiap kejadian yang kita alami dalam kehidupan ini," kata dia.

Selain itu, NasDem menyampaikan duka citanya yang mendalam terhadap musibah yang menelan ratusan korban jiwa tersebut. Semoga, keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi kekuatan dan ketabahan.

"Adapun mereka yang mengalami luka-luka semoga segera diberi kepulihan. Dan untuk para pengungsi, semoga pemerintah kita mampu memberikan pelayanan yang memadai serta fasilitas perbaikan tempat tinggal yang rusak akibat gempa," ujar dia.(OL-4)

BERITA TERKAIT