22 November 2022, 14:58 WIB

Menkominfo: Sukses Atau Tidaknya Pemilu Tergantung Kesiapan KPU


Yakub Pryatama Wijayaatmaja |

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menegaskan bahwa sukses atau tidaknya Pemilu 2024 tergantung dari kesiapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Hal itu diungkapkan Johnny saat penandatanganan Nota Kesepahaman Kemenkominfo dengan KPU, di Gedung KPU, di Jakarta, Selasa (22/11).

Adapun nota kesepahaman tersebut berkaitan dengan pertukaran data dan informasi yang beretika.

“Kesuksesan pemilu ditentukan penyelenggaranya, dalam hal ini KPU RI. Bukan pemerintah,” terang Johnny di Gedung KPU RI, di Jakarta, Selasa (22/11).

Maka dari itu, kata Johnny, dengan adanya nota kesepahaman jadi wujud konkret pemerintah dalam memberikan dukungan kepada penyelenggara pemilu.

Baca juga: Komisi II DPR Minta Mendagri Tindaklanjuti Sengketa Segmen Batas Daerah

“Agar penyelenggaraan pemilu kita bisa sesuai konstitusi kita dan UU, serta untuk menghasilkan pemimpin yang legitimate, pemimpin pusat dan daerah,” paparnya.

Johnny menyebut telah menyiapkan berbagai sarana dan fasilitas untuk kerja sama dengan KPU. Johnny juga akan memastikan pertukaran data sensitif tanpa kendala.

“Jadi kita pastikan data aman beretika, bertanggung jawab dan tidak bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan,” tandasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT