22 November 2022, 14:43 WIB

Erick Thohir, Menteri Kepercayaan Jokowi, dari Urusan Negara Hingga Urusan Keluarga


mediaindonesia.com |

DIREKTUR Eksekutif Survey dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memiliki kedekatan personal dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu tercermin dari kepercayaan yang diberikan Jokowi, mulai dari urusan negara hingga urusan keluarga. 

Dalam urusan negara, mantan bos Inter Milan itu kerap mendapatkan tugas yang strategis dan penting yang bisa diandalkan Jokowi. Sementara dalam urusan keluarga, Erick Thohir dipercaya menjadi panitia pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. 

"Kepercayaan Jokowi terhadap Erick Thohir di pernikahan Kaesang karena kedekatannya, itu menunjukkan Pak Erick Thohir itu salah satu yang diandalkan oleh Pak Jokowi," ujar Igor, Selasa (22/11).

Baca juga: Pengamat: Erick Telah Dipercaya Presiden Jokowi Tangani Perhelatan Besar

"Pak Erick Thohir kan punya track record yang bagus ya, kinerjanya sukses di perusahaan BUMN. Bahkan meraup keuntungan. Nah itu gimana Pak Jokowi nggak seneng dan percaya, BUMN saja bisa dibenahi dan menjadi profit, gimana nanti kalau pernikahan anaknya," imbuhnya. 

Menurut Igor, ada dua aspek yang bisa dilihat dari Erick Thohir sebagai menteri dan sebagai orang yang dekat dengan keluarga Presiden Jokowi secara personal.

Pertama, Igor mengatakan dari sisi profesionalitas Erick terbukti menjadi menteri yang memiliki kinerja bagus, dengan berhasil membenahi BUMN dengan sejumlah gebrakan dan transformasi.

Bukti kesuksesan itu, kata Igor, tercatat pendapatan keseluruhan BUMN mencapai Rp2.292,5 triliun atau naik 18,8% pada 2021 dibandingkan 2020.

“Soal kinerja bagus Pak Erick Thohir, BUMN itu yang rapot merah bisa menjadi positif, bisa dibayangkan. saya masih ingat di masa Erick menjadi menteri naik sekitar 18%. Jadi pemerintah Indonesia itu dengan keberadaan dia sebagai Menteri BUMN meraih untung melalui BUMN itu sekitar 2 triliun lebih jadi itu soal kinerja,” jelasnya.

Kedua, lanjut Igor, terkait Erick yang diamanahi menyukseskan acara pernikahan Kaesang itu adalah soal kepercayaan.

“Soal pernikahan Kaesang itu soal kepercayaan dari keluarga Presiden Jokowi itu menunjukkan kedekatan dan kemampuan juga Pak Erick Thohir bisa juga misalnya menjadikan pernikahan Kaesang itu sebagai salah satu simbol untuk dukungan terhadap Erick,” terangnya.

Lanjut Igor, Presiden Jokowi juga merasa nyaman dengan Erick dan menaruh kepercayaan yang tinggi kepadanya, bahkan bisa jadi untuk menuruskan estafet kepemimpinan Indonesia ke depan.

“Kalau, menurut saya, kedekatan dengan Erick itu artinya adalah endorse bahwa Pak Jokowi sendiri sebenarnya merasa nyaman dengan figur figur yang ia misalnya sudah tunjukkan melalui simbol-simbol politik,” jelasnya.

“Melalui simbol-simbol misalnya kayak pernikahannya Kaesang kayak begitu-begitu tuh menunjukkan kedekatan yang sebenarnya kalau publik bisa melihat itu sebenarnya kepercayaan Pak Jokowi terhadap Erick Thohir itu sangat tinggi,” pungkas Igor.

Sebagai diketahui, Erick Thohir sudah berkali-kali menjadi orang kepercayaan atau andalan dari Presiden Jokowi untuk menjalankan tugas strategis dan penting. 

Erick Thohir sukses menjalankan amah Jokowi menggelar perhelatan Asian Games 2018 dan menjadi salah satu sejarah pesta olahraga terbesar antarnegara Asia yang mengharumkan bangsa. 

Jokowi kembali memberikan kepercayan yang besar kepada Erick Thohir pada Pilpres 2019. Yaitu dipilih sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi - Ma’ruf pada Pemilihan Presiden 2019. 

Pada saat Indonesia dilandapPandemi covid-19, Erick Thohir mendapatkan amanat dari Presiden Jokowi sebagai ketua pelaksana tim khusus untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional

Selanjutnya, Erick dua kali ditunjuk untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia dari sanksi FIFA. Terutama pascatragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Hasilnya, Indonesia tidak mendapat sanksi dari FIFA dan bahkan FIFA bersedia ikut serta membenahi sepak bola dalam negeri.

Baru-baru ini, Erick Thohir juga ikut terlibat dalam penyelenggaraan KTT G20 di Nusa Dua Bali yang berjalan sukses dan mendapatkan apresiasi dari para pemimpin dunia. 

Tugas selanjutnya, Erick kembali mendapat kepercayaan dari Presiden Jokowi untuk mempersiapkan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2036, yang rencananya akan dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT