25 October 2022, 19:49 WIB

Presiden Optimistis Gelar Upacara Kemerdekaan di IKN pada 2024


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo optimistis upacara perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, pada 2024 mendatang, bisa diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Optimisme tersebut ia sampaikan saat meninjau progres pembangunan infrastruktur di kawasan yang akan menjadi ibu kota baru itu, Selasa (25/10).

"Kalau kerjanya seperti ini saya kira insyaallah bisa. Harus optimistis," ujar Jokowi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (25/10).

Kepala Negara mengaku senang lantaran pembangunan bendungan, pengembangan lahan, serta akses jalan berlangsung dengan baik.

"Land development untuk kantor-kantor kementerian, untuk gedung wakil presiden, untuk gedung presiden, semuanya sudah saya lihat dalam proses persiapan-persiapan. Pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya jalan tol dari IKN ke Balikpapan. Saya kira ini progres yang baik," ucapnya.

Baca juga: Orangtua Brigadir J Minta Bharada E Berkata Jujur Selama Persidangan

Ia juga meyakini bahwa masyarakat akan bisa melihat bentuk awal infrastruktur IKN pada Januari mendatang. Presiden mengatakan progres pusat perekonomian baru juga akan mulai terlihat, sehingga diharapkan pembangunan wilayah IKN dapat terus berjalan cepat.

"Nanti bisa kita lihat di Januari. Insya Allah, bukan hanya gedung-gedung pemerintah, tetapi private sector, investor, public private partnership sudah pada masuk dan mulai. Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan kita harapkan ini terus bergerak," tutur mantan wali kota Surakarta itu.

Jokowi melakukan kunjungan kerja ke IKN melewati jalur laut yang akan menjadi wilayah transportasi logistik. Pelabuhan di kawasan itu nantinya juga akan dikembangkan untuk transportasi publik.

"Sementara kita pakai dulu untuk logistik dan nantinya menurut saya di pelabuhan yang sekarang ada ini, ini kan pelabuhan lama, ini akan dikembangkan juga untuk penumpang dan logistik," tandasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT