30 September 2022, 23:26 WIB

Setelah Bunuh Pekerja Proyek Trans Papua, TPNPB Bakar Kantor Distrik Paniai


Emir Chairullah |

AKSI kekerasan kembali dilakukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM, Jumat (30/9). Para milisi TPNPB membakar kantor distrik Paniai Utara di Kebo, Kabupaten Paniai. Aksi yang dilakukan para tentara Kodap XIII ini dilakukan sehari setelah penembakan yang menewaskan 4 orang pekerja proyek Trans Papua di Sorong, Papua Barat.

Menurut Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom, aksi pembakaran kelompok yang dipimpin Mathius Gobay. “Kantor distrik itu kami bakar bukan untuk minta uang atau barang, tapi untuk minta merdeka penuh,” kata Sebby dalam keterangan persnya 

Sebby menambahkan, pihaknya akan terus melakukan penyerangan terhadap fasilitas umum yang ada di Papua. “Kami ingin tunjukkan bahwa masyarakat Papua menolak pembangunan yang dilakukan pemerintah Indonesia,” tegasnya.

Sehari sebelumnya, TPNPB Kodap IV wilayah Sorong Raya mengklaim telah membunuh empat orang pekerja proyek Trans Papua. Dokumentasi penembakan tersebut dikirim langsung TPNPB kepada sejumlah wartawan. Aksi tersebut dilakukan kelompok di bawah pimpinan Arnoldus Kocu.

Menurut Sebby, pihaknya menganggap keempat pekerja proyek jalan itu merupakan anggota intelijen Indonesia yang menyamar sebagai pelaksana proyek. Pihaknya meminta TNI/Polri tidak mengevakuasi mayat para pekerja tersebut.

"Mayat mereka masih ada dan dijaga oleh Pasukan TPNPB, kecuali tim Palang Merah Internasional yang melakukan evakuasi," tegasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT