29 September 2022, 06:25 WIB

Soal Jadi Cawapresnya Puan, Cak Imin Mengaku Harus Dikoordinasikan dengan Prabowo


Ardi |

KETUA Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar santer disebut akan menjadi calon wakil presidennya Puan Maharani dalam Pemilu 2024. Hal tersebut muncul setelah safari politiknya bersama putri Ketua Umum PDIP, beberapa waktu yang lalu.

Pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut mengemukakan, hal tersebut merupakan salah satu simulasi pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) 2024. 

"Semua langkah (pemilihan capres dan  cawapres) harus koordinasi dengan Pak Prabowo karena (PKB dan Gerindra) sudah kontrak. Pak Prabowo yang sudah paling pasti," jelas dia ketika ditemui di UGM, Rabu (28/9).

Baca juga: Puan dan Cak Imin Bicara Koalisi Pemilu 2024

Artinya, pemasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung pada Pemilu 2024 akan dibicarakan dengan Prabowo. PKB dan Gerindra sudah melakukan pertemuan-pertemuan rutin setiap minggunya.

Pria yang belakangan juga akrab disapa Gus Muhaimin ini mengatakan, PKB telah membuat kontrak politik dengan Partai Gerindra. 

Dirinya dan Prabowo  Subianto sepakat, koalisi mereka tidak hanya berdua, tetapi juga menggalang dengan partai-partai yang lain.

"Kita pendekatan terus dengan Mbak Puan, PDIP, moga-moga bisa berhasil," kata dia.

Saat ini pun, lanjut dia, PKB berada di koalisi yang sama dengan PDIP di pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

Pertemuan dengan Puan Maharani, beberapa hari yang lalu, diharapkan bisa membuat PDIP bergabung dengan PKB dan Gerindra pada Pemilu 2024 mendatang.

"Setelah ini, semua (partai politik) akan kita temui," kata dia. (OL-1)

BERITA TERKAIT