13 September 2022, 21:05 WIB

DPD IKAL Lemhanas RI Jabar Gelar Ngopbar Sersan


Abdillah M Marzuqi |

DPD Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional Jawa Barat (IKAL Lemhannas Jabar) menghelat acara Ngopbar Sersan di Hotel Santika Bandung pekan lalu. Acara itu dimanfaatkan pengurus DPD IKAL Jabar sebagai ajang silaturahmi yang mempertemukan semua alumni angkatan dari pendidikan dan program Lemhannas RI. 

"Pertemuan tersebut, dapat dijadikan ruang ekspresi para alumni angkatan untuk mengambil bagian dari keluarga IKAL. Ketua DPD IKAL  menaruh harapan pada rekan rekan angkatan, dapat berkontribusi dalam mengaktualisasikan IKAL sebagai wadah organisasi mitra intelektual dan prestisius di wilayah," ungkap Ketua DPD IKAL Jabar Mayjen TNI (P) Deni K Irawan dalam keterangan tertulis, Selasa (13/9).

Dalam pertemuan tersebut, para alumni angkatan juga berharap IKAL dapat mampu mewujudkan diri sebagai organisasi garda terdepan dalam membangun, serta mengembangkan potensi sumber daya manusia yang handal dan dapat menjawab tantangan global, serta mampu menjalin hubungan dengan berbagai elemen bangsa lainya. 

Alumni Pelatihan bagi Pelatih Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Angkatan II Tahun 2022 Marcellus Hakeng Jayawibawa mengungkapkan acara tersebut berjalan lancar dan khidmat meski dalam bingkai kesederhanaan.

"Rekan-rekan alumni sangat interest pada pertemuan yang digelar seperti ini dan harus menjadi budaya IKAL dalam menjalin keakraban baik pengurus dan anggota, dalam  membangun berkomunikasi yang efektif sesama alumni," ujar Hakeng.

Hakeng juga mengusulkan beberapa program terkait kemaritiman yang potensial di wilayah Jawa Barat. 

"Saya dalam pertemuan tersebut mengusulkan kepada DPD IKAL Lemhanas RI Jabar terkait isu bagaimana mengangkat kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir. Salah satunya memperhatikan kebutuhan solar atau BBM dari nelayan untuk melaut. Diusahakan ketersediaan BBM di SPBN terpenuhi setiap harinya. Sehingga nelayan tidak perlu mencari jauh-jauh BBM dari lingkungannya," kata Hakeng.

Selain itu, Hakeng juga menekankan Pelabuhan Patimban patut dikembangkan menjadi pelabuhan bertaraf internasional yang nantinya akan menambah pemasukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta memajukan sektor ekonomi. Selain itu, kesejahteraan hidup masyarakat pesisir patut menjadi prioritas yang harus diperhatikan oleh pemangku kepentingan dengan bekerja sama para anggota IKAL Lemhannas Jabar.

"Masyarakat pesisir dapat diajak untuk memanfaatkan potensi yang tersedia di sekitar lingkungannya. Misalnya, memanfaatkan hasil tangkapan ikan atau membuat kerajinan tangan dari hasil laut yang ada," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT