30 August 2022, 14:13 WIB

TPNPB Kembali Bunuh Satu Aparat TNI di Intan Jaya


Emir Chairullah |

KEKERASAN bersenjata yang memakan korban kembali terjadi di Papua. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM dalam laporannya mengklaim telah menembak mati prajurit TNI di Mamba, Intan Jaya pada Selasa.

“Undius Kogeya dan pasukan TPNPB Kodap VIII Intan Jaya bertanggung jawab atas penembakan ini,” kata Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom dalam keterangan persnya, Selasa (30/8)

Sebby menyebutkan, penembakan terhadap anggota TNI tersebut dilakukan pada pukul 13.00 waktu setempat. “Anggota TNI tersebut saat itu sedang mengawasi proyek Jalan Trans Papua di Mamba,” ungkapnya.

Sebby menegaskan, pihaknya akan terus menghalangi proses pembangunan yang dilakukan di wilayah Papua. “Kami berhak menolak pembangunan di Papua karena sudah banyak orang kami yang dibunuh,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Sebby mengungkapkan, pihaknya mengutuk tindakan 6 Anggota TNI dan 3 warga sipil lainnya yang diduga membunuh dan memutilasi 4 orang asli Papua di Timika pada 22 Agustus 2022. “Kita minta Presiden Joko Widodo bertanggung jawab atas pembunuhan dan mutilasi tersebut,” tegasnya.

Sebby menyebutkan, pihaknya akan melakukan tindakan balasan apabila kasus mutilasi tersebut tidak dituntaskan. “TPNPB bersama rakyat Papua akan lakukan pembalasan dengan cara yang sama,” tandasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT