27 August 2022, 17:53 WIB

Rakernas PAN, Zulhas: Caleg Malas Kerja Lebih Baik Mundur


Putra Ananda |

KETUA Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan meminta calon legislaitf (caleg) yang tidak sanggup mengerjakan tugas legislatif, agar membatalkan niatnya maju dalam Pemilu 2024. 

Zulhas, sapaan akrabnya, juga meminta setiap caleg yang berasal dari PAN untuk mengerti tugas legislatif sebagai anggota dewan, baik di tingkat daerah maupun nasional.

"Kalau tidak sanggup jadi anggota DPR, mending mundur daripada bikin dosa. Datang nggak ngapain-ngapain, kadang-kadang absen nggak, apalagi kalau cuma buat urusan dirinya sendiri," ungkap Zulhas dalam pembukaan rangkaian rakernas PAN, Sabtu (27/8).

Baca juga: Bawaslu Teruskan Dua Laporan Pelanggaran ke Sidang Pemeriksaan

Menurutnya, setiap anggota dewan wajib mengetahui tugasnya di bidang legislasi, penganggaran, hingga tugas pengawasan. Selain itu, Zulhas meminta anggota dewan khususnya, anggota DPR RI dari farksi PAN, selain mengerti tugas dalam penyusunan Undang-Undang (UU), juga mengerti tugas sebagai anggota partai politik.

"Rekan-rekan di legislatif betul-betul harus mengerti tugasnya sebagai anggota dewan. Lalu, paham tugas kita sebagai (anggota) partai politik," pungkasnya.

Baca juga: PAN Tidak Undang Anggota KIB ke Rakernas

Dalam kesempatan itu, dirinya menekankan bahwa kepercayaan publik saat memilih caleg PAN harus tetap dijaga. Caranya, melaksanakan mandat kepercayaan masyarakat dengan tanggung jawab secara profesional. Itu sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku. Baik di dalam partai politik maupun kelembagaan legislatif.

"Sayang kalau tidak ada manfaat. Padahal, begitu besar kepercayaan masyarakat kepada kita. Oleh karena itu, saya minta kerja profesional, sudah ada aturan tatibnya. Saya minta teman-teman sungguh-sungguh, ini amanah," tutup Zulhas.(OL-11)

BERITA TERKAIT