19 August 2022, 18:29 WIB

Erick Thohir Dinilai Mampu Dongkrak Elektabilitas Pasangan di Pilpres 2024


Widhoroso |

DUET pasangan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir di Pilpres 2024 makin santer dibicarakan di tengah-tengah masyarakat. Jika duet tersebut benar-benar terealisasi, Erick Thohir sebagai calon wakil presiden dinilai sangat mampu mendongrak suara Prabowo.

Pengamat Politik Ray Rangkuti menyampaikan pandangannya terkait duet Prabowo-Erick Thohir pada kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, Prabowo sangat butuh pasangan yang bisa diandalkan dalam meraup suara pemilih.

Menurut Pendiri Lingkar Madani itu, jika hanya mengandalkan basis massa dari Prabowo, akan sulit untuk memenangkan kontestasi pada pilpres mendatang. Sebab dalam berbagai survei, elektabilitas Prabowo cenderung stagnan.

Ray menilai figur Erick Thohir cukup tepat untuk membantu mendongkrak suara Prabowo. Pasalnya, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini memiliki basis massa yang beririsan dengan Ketua Umum Gerindra tersebut. "Pada tingkat tertentu, Prabowo ini membutuhkan dukungan yang cukup dari wakil presidennya,” terang Ray, Jumat (19/8).

"Kalau mengandalkan suarannya sendiri rasanya akan sulit. Prabowo suaranya stagnan. Penyumbang suara untuk dia ada di wapresnya. Erick Thohir bisa menyumbang itu melalui pemilih milenial, macam-macam dan yang lainnya," tambahnya.

Selain itu Ray menilai jika duet Prabowo dan Erick Thohir terwujud, keduanya tidak butuh waktu lama untuk saling menjajaki satu sama lain. Ray mengatakan Prabowo dan Erick Thohir memiliki chemistry kuat yang terbangun di dalam kabinet Indonesia Maju. "Kalau soal chemistry keduanya bisa sangat terbangun," pungkasnya. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT