17 August 2022, 20:16 WIB

HUT ke-77 RI di Istana Negara, Mendag Kenakan Baju Adat Lampung Twist Modern


Mediaindonesia.com |

MENTERI Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menghadiri upacara HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/8) pagi. 

Zulhas begitu ia disapa, hadir menggunakan baju adat Lampung twist modern untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara, Jakarta. 

Baca juga: BNPT: Upacara HUT ke-77 RI di Ponpes Milik Baasyir sebagai Rasa Syukur

Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN ini menggunakan baju adat Lampung twist modern hasil desain dari designer muda asli indonesia Olive & Hers. Zulhas didampingi sang putri yakni Futri Zulya Savitri untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik proklamasi di Istana Negara, Jakarta. 

Tak cuma Mendag Zulhas, sejumlah tamu undangan yang mengikuti upacara tersebut juga mengenakan pakaian daerah. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sendiri memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka. 

Pada upacara tahun ini, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sementara, Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Provinsi Banten.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka sang merah putih dan naskah teks proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 belas kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti membacakan naskah proklamasi yang pada 77 tahun silam diucapkan oleh proklamator Ir. Soekarno.Selanjutnya, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kemudian memandu pembacaan doa. (RO/OL-6)

BERITA TERKAIT