17 August 2022, 19:22 WIB

TPNPB Klaim Tembak Tiga Anggota TNI/Polri di Intan Jaya


Emir Chairullah |

TENTARA Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM kembali melakukan serangan ke pos militer di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dalam serangan yang berlangsung pada Selasa (16/8) tersebut, pasukan TPNPB KODAP VIII Kemabu Intan Jaya di bawah pimpinan Undius Kogeya berhasil menembak tiga anggota TNI dan Polri.

“Komando Undius Kogeya berhasil bakar rumah atau bangunan sebagai pos militer pada pukul 10.10 pagi waktu Papua,” ungkap Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom dalam keterangan persnya.

Sebby menyebutkan, serangan tersebut sebagai bagian upaya TPNPB untuk menolak perayaan HUT Proklamasi RI ke-77 di wilayah Papua. “Orang Asli Papua tidak pernah berjuang Indonesia Merdeka. Oleh karena itu TPNPB menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat orang asli Papua untuk tidak ikut Perayaan HUT RI yang ke-77,” tegasnya.

Sebby mengingatkan, pihaknya juga meminta masyarakat pendatang maupun OAP untuk segera tinggalkan Ibu Kota Intan Jaya. “Dalam hal ini siapa pun yang tidak mau mendengar Perintah TPNPB, maka jika masyarakat yang kena tembak jangan salahkan kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan pembenahan KODAP VIII Kemabu Intan Jaya dan pergantian kekosongan panglima dan pasukan. “Maka hari ini kami kembali perang menuntut hak politik kemerdekaan bangsa Papua Barat,” pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT