16 August 2022, 20:25 WIB

3.200 Personel Amankan Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka


Rahmatul Fajri |

Kepolisian menerjunkan 3.200 personel untuk mengamankan upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (17/8) besok. "Kalau untuk pelaksaan besok, sementara sekitar 3.200 personel," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin, saat dihubungi, Selasa (16/8).

Komarudin mengatakan pihaknya menerapkan pola pengamanan yang ketat di kawasan Istana Merdeka menjelang dan selama prosesi upacara. "Kegiatan pengamanan sedikit lebih ketat artinya bahwa pengamanan ring 1, ring 2, ring 3 termasuk juga," ujarnya.

Kepolisian juga akan mengalihkan sejumlah ruas jalan di sekitaran Istana Merdeka mulai malam Selasa (16/8) malam ini, hingga penurunan bendera merah putih. "Pengalihan beberapa ruas jalan akan dilakukan mulai dari nanti malam hingga penurunan bendera," ujar dia.

Terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menjelaskan, ruas jalan yang ditutup adalah kawasan di Patung Kuda, Harmoni, dan Gambir. Dia menyampaikan, sterilisasi kawasan Istana dimulai pada pukul 21.00 WIB

Latif menyiapkan 500 polisi lalu lintas untuk membantu mengatur aktivitas masyarakat selama upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka. (OL-12)

BERITA TERKAIT