14 August 2022, 08:45 WIB

KPK Sebut Bupati Mamberamo Kabur ke Papua Nugini


Candra Yuri Nuralam |

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak berada di Papua Nugini. Informasi itu diklaim kuat.

"Itu sudah jelas-jelas sudah nyebrang (ke Papua Nugini) menurut informasi-informasi yang diberikan Kepolisian Daerah Papua," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto dalam telekonferensi, dikutip Minggu (14/8).

Karyoto mengatakan, saat ini, KPK tengah mencari cara untuk menyeret Ricky. KPK menegaskan upaya pencarian Ricky tidak jalan di tempat.

Baca juga: KPK akan Periksa Presenter TV One Brigita Manohara Hari Ini

"Kita tidak tinggal diam, tetapi kita tidak akan mengatakan kita sedang mencari di mana di mana di mana, itu tidak, yang penting kami sedang berusaha," ujar Karyoto.

KPK menetapkan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah. Dia menjadi buronan karena mangkir dalam pemanggilan penyidik KPK. Ricky diduga kabur ke Papua Nugini.

KPK meminta masyarakat tidak membantu pelarian Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Bantuan terhadap buronan melanggar hukum.

"Jangan sampai ada pihak pihak yang mencoba melindungi oknum atau bahkan tersangka yang dicari oleh aparat penegak hukum," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Jakarta, Rabu, 3 Agustus 2022.

Alex mengingatkan soal aturan hukum bagi pihak yang membantu buronan kabur. Tindakan itu masuk dalam upaya perintangan penyidikan. (OL-1)

BERITA TERKAIT