12 August 2022, 13:09 WIB

Memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-77 RI, Istana Tampilkan Mobil Antik


Indriyani Astuti |

ISTANA Kepresidenan RI menyiapkan rancangan acara yang bisa dinikmati masyarakat dalam perayaan Hari Kemerdekaan ke-77 RI. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan selain upacara kemerdekaan, akan ada pameran mobil antik koleksi Sekretariat Presiden yang akan digelar di Sarinah, Jakarta. Pertunjukan itu bisa dinikmati publik mulai Senin 15 Agustus – 31 Agustus 2022 dan akan dibuka oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

“Ada Cadillac, ada (mobil kepresidenan) dari pemerintah daerah DKI juga menyumbang. Itu mobil-mobil yang dipelihara di Sekretariat Negara dan museum kita ambil (untuk ditampilkan),” ujar Heru ketika ditemui di kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/8).

Mulai Jumat (12/8) atau dua hari menjelang peringatan kemerdekaan, Heru menjelaskan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) sudah melakukan latihan. Selain itu ada tim dari Pasukan Pengaman Presiden (Pasmpamres), TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, dan Angkatan Laut. Pada upacara kali ini, terang Heru, Paskibraka bertugas dengan formasi penuh yakni 17-8-45. Selama latihan, tim menggunakan masker juga pada saat pengibaran bendera pusaka.

“Sudah mulai latihan menyatukan langkah. Senin (15/8) ada kegiatan gladi bersih. Mulai Sabtu (13/8), sudah ada latihan menyamakan waktu karena kita kunci di detik-detik proklamasi ada jam, menit per detik,” tutur Heru.

Baca juga: Rayakan HUT ke-45, BEI Catatkan Pertumbuhan Pasar Modal Tertinggi

Rangkaian lain, sambung Heru, Presiden Joko Widodo akan membacakan pidato kenegaraan pada Selasa (16/8) di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Senayan, Jakarta. Kemudian pada Hari Kemerdekaan, Rabu (17/8), seperti biasa istana negara akan menggelar upacara pengibaran bendera yang disiarkan secara virtual dan dihadiri tamu kenegaraan. Selain itu, Heru mengatakan istana juga menyediakan hiburan dan panggung pementasan.

“Ada hiburan, lagu dari beberapa daerah, tiga dan empat gubernur yang menyumbangkan lagu dan tarian (daerah),” ucapnya.

Tamu kenegaraan dan undangan yang hadir selama upacara kemerdekaan, ujar Heru, diwajibkan telah melakukan tes antigen dengan hasil negatif serta menerima vaksinasi dosis penguat (booster). Menjelang detik-detik proklamasi, Heru mengatakan akan ada manuver atraksi Fly Pass dari pesawat tempur yang terbang melintas di atas Istana Negara.(OL-5)

BERITA TERKAIT