10 August 2022, 06:19 WIB

Polisi Geledah Rumah Ferdy Sambo Selama 9 Jam


Kautsar Widya Prabowo |

KUASA hukum keluarga Irjen Ferdy Sambo, Arman Hanis, memastikan proses penggeledahan yang dilakukan di kediaman pribadi keliennya telah selesai. Proses penggeledahan rampung pada pukul 00.53 WIB. 

"Semua area sudah digeledah," ujar Arman di rumah kediaman Sambo, di Jalan Sanguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Rabu (10/8) dini hari WIB. 

Arman enggan membeberkan barang bukti apa saja yang dibawa Tim Khusus (Timsus) Polri. Namun, ia memastikan tidak ada uang yang disita. 

Baca juga: Mahfud Tegaskan Pemerintah akan Terus Mengawal Kasus Brigadir J

"Ada beberapa (barang bukti yang disita) tapi saya gak bisa detail, penyidik yang nyita," terangnya.

Arman menjelaskan lamanya proses penggeledahan, yang kurang lebih selama sembilan jam itu, karena harus membuat berita acara terlebih dahulu. Proses penggeledahan tidak disaksikan istri Sambo, Putri Candrawati.

Sementara itu, satu kontainer berwarna putih dengan tutup biru diboyong oleh dua personel Brimob dari rumah kediaman pribadi Sambo. Kontainer tersebut langsung dimasukan ke dalam mobil taktis baja milik Brimob. 

Mobil tersebut dijaga ketat oleh personel Brimob. Satu personel yang dilengkapi laras panjang tampak berada di atas mobil untuk bersiaga. 

Saat ini, pukul 01.11 WIB, rumah pribadi Irjen Sambo tidak lagi dijaga personel Brimob. Garis polisi yang sebelumnya terpasang di sekitar rumah pribado Sambo juga sudah dilepas.

Sebelumnya, sejumlah anggota Divisi Propam Polri datangi rumah pribadi mantan Kepala Divisi (Kadiv) Prompam Polri Irjen Ferdy Sambo. Mereka datang pada pukul 15.18 WIB. 

Pantauan di lapangan, terdapat dua perwira menengah (pamen) dari Divisi Propam Polri, yaitu Kombes Putut dan Kombes Benny turut hadir. Selain itu, ada dua polisi wanita (polwan) dari Divisi Propam hadir. 

Mereka langsung mengenakan sarung tangan latex berwarna biru. Saat ditanya wartawan ihwal kedatanganya, Kombes Putut meminta awak media  untuk menunggu, sebab ada sejumlah pihak yang lebih berwenang akan datang. 

"Kalau sudah ada yang datang ya (baru berkomentar)," ujar Kombes Putut di kediaman Rumah Sambo, Selasa (9/8). 

Tidak berselang lama sebanyak tiga kendaraan taktis milik Brimob Polri tiba. Kendaraan tersebut membawa sejumlah personel dengan senjata laras panjang dan rompi antipeluru. 

Personil tersebut langsung melakukan penjagaan ketata di kediaman pribadi Sambo. Garis polisi juga sudah dipasang.  (OL-1)

BERITA TERKAIT