08 August 2022, 16:28 WIB

Keberhasilan Jokowi Rawat Kebinekaan Ciptakan Kondusivitas Nasional


Mediaindonesia |

KEPEMIMPINAN Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai mampu menjembatani perbedaan dan keberagaman yang ada di Indonesia. Sebab menurut Guru Besar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Saiful Akhyar Lubis, keberagaman bangsa Indonesia merupakan anugerah yang harus terus dijaga.

Saiful menilai, keberhasilan Jokowi merawat kebhinekaan tak lepas dari sinergi yang dibangun dengan semua elemen bangsa. Dua periode kepemimpinan membuat kehidupan berbangsa dan bernegara tetap berjalan kondusif.

Menurut dia Jokowi sukses merangkul semua elemen masyarakat meski di tengah perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Gaya komunikasi Jokowi, lanjut dia, tak pernah tebang pilih menjadi salah satu kunci keberhasilannya merawat persatuan bangsa.

“Tentu Pak Jokowi adalah bukti keberhasilan semua elemen bangsa (dalam merawat persatuan dan kesatuan),” ujar Saiful, Senin (8/8)

Meski demikian, dia mengingatkan bahwa merawat kebhinekaan merupakan tugas dari seluruh anak bangsa, bukan pemerintah semata. Karenanya harus dilaksanakan secara bersama serta dengan sepenuh jiwa dan raga. 

"Pak Jokowi tentunya tidak bisa bekerja sendiri. Tapi butuh dukungan oleh semua elemen bangsa tanpa terkecuali," tandas Saiful. 

Untuk itu, ia berharap agar prestasi apik yang telah dicapai pada era kepemimpinan Jokowi ini bisa terus berlanjut ke depannya. Sebab jika tidak dijaga dengan baik, potensi perpecahan bisa kapan saja terjadi.

“Sudah ditanamkan konsep-konsep dasar, strategi dasar untuk dilanjutkan berkesinambungan oleh siapa pun penerus kepemimpinan bangsa ini,” pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT