04 August 2022, 16:31 WIB

TPNPB-OPM Ancam Hancurkan Jaringan Telekomunikasi di Papua


Emir Charirullah |

PASUKAN Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM mengancam bakal melakukan penembakan terhadap orang asli Papua (OAP) dan pendatang yang memasang jaringan telekomunikasi di Papua. TPNPB juga mengancam akan membakar semua fasilitas telekomunikasi yang dibangun pemerintah Indonesia di Papua.

“Kita perintahkan kepada 34 Kodap TPNPB untuk segera lakukan hal tersebut (penembakan dan pembakaran),” kata Panglima Tinggi TPNPB Goliath Naaman Tabuni dalam keterangan persnya, Kamis (4/8)

Menurut Goliath, perintah tersebut dikeluarkan setelah pihaknya mendapat laporan bahwa pemerintah Indonesia merencanakan memasang jaringan telekomunikasi di seluruh Papua. “Pemasangan jaringan ini termasuk di daerah-daerah terpencil,” ungkapnya.

Menurut Goliath, pihaknya menduga pemasangan jaringan telekomunikasi ini sebagai upaya militer Indonesia untuk menggunakan operasi pesawat tanpa awak (drone) untuk menumpas gerakan TPNPB. “Sementara pesawat tanpa awak tersebut bisa digunakan jika ada jaringan telekomunikasi di seluruh pelosok tanah Papua,” jelasnya.

Goliath menduga upaya penggunaan drone ini sebagai ketidakberhasilan operasi dan pengejaran aparat TNI dan POLRI terhadap TPNPB sejak 2018-2022. Sebelumnya operasi yang dilakukan adalah operasi darat dan menggunakan senjata jarak jauh yaitu snaiper, basoka, bom Mortir menggunakan helikopter dan drone.

“Namun operasi mereka tidak berhasil karena medan dikuasai oleh TPNPB. Begitu pun bom dari pesawatataupun helikopter pun tidak berhasil mereka lakukan,” pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT