03 August 2022, 11:15 WIB

Kebijakan Jitu Jokowi Bawa Indonesia Terhindar Krisis Ekonomi


Mediaindonesia.com |

PEMERINTAHAN oko Widodo terbukti mampu membawa Indonesia terhindar dari krisis ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, menjadikan angka pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat signifikan.

Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Onward Siahaan. Menurutnya terjadi peningkatan ekonomi di tengah masyarakat ketika pandemi Covid perlahan melandai.

“Saya rasa secara umum terjadi peningkatan, walaupun ada kendala saat ini, misalnya pandemi yang menghantam banyak sektor kehidupan. Tetapi kita bersyukur bahwa Pemerintahan Jokowi bisa memanage dengan baik sehingga kita tidak sampai terpuruk,” kata Onward, Rabu (3/8)

Politikus Partai Gerindra itu menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia terbilang positif. Kalaupun terjadi perlambatan, hal itu tidak hanya dialami Indonesia, namun juga seluruh negara di dunia.

“Pandemi tidak sampai membuat kita terpuruk, karena basis yang membuat kita kuat adalah UMKM. Kemampuan pemerintah dalam me-manage kondisi pandemi dan perlambatan ekonomi global sangat baik, termasuk mempersiapkan ekonomi kita untuk bangkit,” paparnya.

Ketika pandemi mulai mereda dan sejumlah negara mengalami krisis ekonomi, Onward melihat pemerintah Indonesia justru dengan cepat melakukan recovery. Menurutnya dukungan Presiden Jokowi terhadap pemulihan ekonomi bangsa sangat maksimal sehingga Indonesia bisa terhindar dari krisis ekonomi global.

“Kita melihat cepat terjadi recovery. Misalnya dari segi transportasi, pesawat sekarang sudah penuh. Artinya kehidupan masyarakat sudah pulih,” ujarnya.

“Political will Pak Jokowi cukup kuat sehingga sekarang ada gerakan nasional untuk mencintai produk domestik, itukan gagasan Pak Jokowi. Seruan Pak Jokowi supaya UMKM bertumbuh ini harus didukung oleh seluruh pemerintah daerah,” pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT