31 July 2022, 14:28 WIB

Puluhan Pemuda Jateng Deklarasikan Gagasan (Gabungan Ganjar Sandi)


mediaindonesia.com |

DISKUSI bertajuk 'Kawula Muda Jawa Tengah Holopis Kuntul Baris' dengan topik pembahasan seputar percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, dilaksanakan, Sabtu (30/7).

Sebanyak 40 peserta dari berbagai bidang usaha, pelajar, dan mahasiswa di Kota Solo membahas tentang bagaimana peranan generasi muda terlibat aktif dalam proses pemulihan ekonomi dan mendukung program-program pemerintah yang sejalan dengan latar belakang mereka. 

Dalam diskusi tersebut, peserta juga menyampaikan bahwa pada kenyataannya masih banyak pelaku ekonomi kreatif yang belum tersentuh oleh pemerintah, sehingga belum mendapatkan manfaat dan program bantuan dari pemerintah khususnya pada masa pandemi lalu.

Namun kini para pelaku ekonomi kreatif mengaku senang atas kepedulian dan dukungan pemerintah terhadap pertumbuhan sektor ekonomi kreatif.

Sejauh ini, beberapa kegiatan ekonomi kreatif di Kota Solo sangat didukung oleh Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo.

“Beberapa event lalu seperti SIPA 2021 Festival Seni Pertunjukan, Creavest 2.0 Solo Creative Fest 2021, Solo Keroncong Festival 2021,” ujar Rizaldy dari komunitas otomotif di Solo.

Baca juga: Seribu Perempuan Karawang Bergabung ke dalam Srikandi Ganjar Jabar

Tak hanya itu, dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun turut menghidupkan ekosistem ekonomi kreatif di Jawa Tengah.

“Saya bersyukur karena Mas Menteri Sandiaga Uno sangat konsen dengan bidang pekerjaan yang kami geluti," katanya.

"Dulu kami hanya tahu istilah ekonomi kreatif itu musik, seni lukis, seni tari, dan fesyen, tapi karena program beliau kami jadi tahu bahwa kita punya 17 sub sektor ekonomi kreatif yang luar biasa dan potensinya layak untuk bersaing dengan pasar internasional," ujar Antik.
 
Beberapa peserta juga sangat mengapresiasi style diskusi Mas Menteri yang asik, santai tapi benar-benar mengurai problem anak muda. 

“Contohnya seperti bagaimana beliau menggerakkan para sineas muda di Nusantara dengan membuat Festival Film Bulanan yang sangat membuat kami pelaku perfilman mendapatkan angin segar baik dari segi promosi, pendampingan, dan tentunya reward nantinya jika kami memenangkannya,“ tutur Zelyta salah satu sineas muda peserta diskusi.

Berbagai bentuk dukungan dari pemerintah ini pun membuat para pelaku ekonomi kreatif di Kota Solo berharap Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno menjadi sosok pemimpin di masa depan. 

“Pak Ganjar dan Pak Sandi sangat cocok sekali apalagi mereka peduli banget sama UMKM, anak muda. Buat Indonesia kayanya keren deh kalo mereka berdua menjadi pemimpin suatu saat nanti," ungkap Abdul Rochim. 

Hal senada juga diutarakan oleh Almaids Noor, menurut dia pasangan Ganjar dan Sandi adalah pasangan ideal dan serasi. 

“Pak Ganjarnya sendiri termasuk akrab sama anak-anak muda, ibu-ibu apalagi. Kalo Pak Sandi itu lebih mengerti pertumbuhan ekonomi yang sedang berlangsung. Jadi menurut aku pasangan yang serasi," ujar Almaids Noor.

Sementara Bagi Dion Pandian Prasetyo, sosok Ganjar dan Sandi sudah cukup populer dan mengena di hati masyarakat,

“Saya harap mereka berdua bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi”, tutup pria yang biasa disapa Mencho ini. 

Atas dasar diskusi tersebut para kawula muda di Jawa Tengah tersebut sepakat mendeklarasikan Gagasan (Gabungan Ganjar Sandi) untuk Indonesia dengan tagar #2024 'Holopis Kuntul Baris'. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT