25 July 2022, 15:40 WIB

Wacana Duet Anies-AHY, Waketum NasDem: Bukan Sikap Partai


Anggi Tondi Martaon |

PARTAI NasDem menyebut pernyataan Ketua DPP Zulfan Lindan terkait Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang akan diusung sebagai pasangan calon (paslon) bukan keputusan resmi. Partai besutan Surya Paloh itu belum mengeluarkan keputusan apapun terkait sosok yang akan diusung.

"Partai belum mengeluarkan keputusan tentang paslon," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali saat dihubungi, hari ini.

Anggota Komisi III DPR itu menyampaikan pernyataan Zudan bukan bagian dari pertimbangan partai. Namun, eks anggota DPR itu disebut hanya menyampaikan hasil survei. "Sehingga itu yang dikutip oleh zulfan dan itu bukan pernyataan partai," ungkap dia.

Ali menyampaikan NasDem belum sampai pada tahap penentuan paslon kontestan Pilpres 2024. Sebab, NasDem masib fokus membangun penjajakan koalisi bersama partai lain.

Dia menyebut penjajakan dilakukan terhadap semua partai. Namun, komunikasi lebih intens dengan PKS dan Demokrat. "Tapi belum bicara siapa calon yang akan diusung," sebut dia.

Baca juga: Dukungan Jokowi untuk Capres 2024 Diprediksi Tidak akan Gamblang

Ali menyampaikan penjajakan koalisi baru sebatas penyamaan persepsi. Pembicaraan soal paslon yang akan diusung nanti dibicarakan setelah ada kesepakatan membangun koalisi.

"Pasti komunikasi politik akan mengarah ke situ tapi harus melalui kesepakatan (kesamaan pandangan terhadap Pilpres 2024)," ujar dia.

Namu, dia mengakui kalau NasDem menyampaikan bakal calon presiden dalam penjajakan koalisi. Tapi, baru sebatas penyampaian hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

"Baru sampai (mengkomunikasikan hasil Rakernas), kita belum mendiskusikan siapa dengan siapa," ujar dia. (OL-4)

BERITA TERKAIT