25 July 2022, 09:33 WIB

KPK: Sekolah dan Kampus Perlu Manfaatkan Platform Jaga


Candra Yuri Nuralam |

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta seluruh satuan pendidikan di Indonesia memanfaatkan platform Jaga.id. Situs itu bisa memaksimalkan pendidikan antikorupsi di jenjang sekolah dan kampus.

"KPK mengimbau agar satuan pendidikan secara tertib mencatatkan implementasi pendidikan antikorupsi pada platform tersebut," ujar Plt Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati dalam keterangan resmi, Senin (25/7).

Ipi mengatakan Jaga.id memiliki wadah khusus untuk pendidikan antikorupsi. Wadah itu juga bisa digunakan untuk melakukan memantau dan mengevaluasi dalam implementasi pendidikan di sekolah dan kampus.

Baca juga: Survei: TNI dan Presiden Paling Dipercaya Publik

"Publik juga dapat mengakses regulasi daerah lainnya di platform Jaga.id," imbuhnya.

Sampai saat ini, ada 380 pemerintah daerah di Indonesia yang memiliki regulasi antikorupsi. Sebanyak 33.698 sekolah di 380 wilayah tersebut sudah memiliki akun Jaga.id.

"Namun, hanya 1,69% atau 3.762 sekolah yang telah mencatatkan implementasi PAK (pendidikan antikorupsi)," tutur Ipi.

Baca juga: Ini yang Perlu Dilakukan Orangtua untuk Cegah Kekerasan Seksual pada Anak

KPK berharap sekolah dan kampus mengoptimalkan platform Jaga.id. Seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan juga diminta untuk mendorong sekolah dan kampus untuk menggunakan wadah antikorupsi.

"Tujuan ini selaras dengan visi KPK, yaitu bersama masyarakat menurunkan tingkat korupsi untuk mewujudkan Indonesia maju. Salah satunya melalui pembangunan integritas dan budaya antikorupsi," pungkasnya.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT