13 July 2022, 20:02 WIB

Laporkan Kejahatan Siber di patrolisiber.id


Mediaindonesia.com |

Keamanan digital dibutuhkan sehingga bisa nyaman bermedia digital. Individu yang cakap digital harus berani melapor ketika menemukan, mengetahui, atau menjadi korban kejahatan siber (cyber crime).

Istilah kejahatan siber sekarang ini merujuk pada suatu tindakan kejahatan berhubungan dengan dunia maya dan tidakan kejahatan menggunakan komputer. Keberanian melaporkan kejahatan siber tidak hanya menyelematkan diri sendiri, tapi turut membantu sesama pengguna media digital.

“Tidak hanya kita yang mendapat manfaat, nantinya banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya laporan dari kita ketika mengetahui adanya tindak kejahatan siber,” kata Kaprodi Ekonomi Syariah STAI Muhammadiyah Tulungagung, Mei Santi, di Kediri, Jawa Timur, Jumat (8/7).

Pembajakan, penipuan, pencurian, pornografi, pelecehan, pemalsuan, pemfitnahan, dan perjudian merupakan kejahatan siber yang sering ditemui sekarang ini. Pelaku biasanya mengirimkan pesan spam melalui SMS dan WA. Sehingga masyarakat harus waspada dan berhati-hati.

Ada beberapa cara melaporkan pelaku kejahatan. Salah satunya melalui laman patrolisiber.id. Portal ini dibuat untuk mengumpulkan informasi pelaku kejahatan siber, seperti nama, nomor telepon, nomor rekening, akun media sosial, alamat e-mail, dan lain sebagainya. “Informasi ini juga bisa diakses pengunjung laman patrolisiber.id melalui fitur Cari, sebelum bertransaksi atau berkomunikasi dengan orang yang mencurigakan,” kata Mei. (OL-12)

BERITA TERKAIT