07 July 2022, 17:35 WIB

Gagasan Indonesia Sentris Jokowi Dinilai Mampu Wujudkan Kesetaraan Ekonomi


Mediaindonesia.com |

Gagasan Indonesia Sentris Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai dapat mewujudkan kesetaraan kehidupan masyarakat. Karenanya diperlukan kerja sama dari segenap elemen bangsa agar gagasan tersebut terealisasi dengan aman dan lancar.

Praktisi sosial dan kepemudaan Shania binti Mahir Hamdun mengatakan, gagasan Indonesia sentris Jokowi mesti terus didukung dalam pelaksanaannya. Mengingat manfaat yang dihasilkan sangat berdampak positif bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. 

Menurutnya, melalui gagasan tersebut dapat menjadi pintu masuk kesetaraan kehidupan yang lebih merata. Terutama antara kehidupan masyarakat di perkotaan dengan mereka yang tinggal di pelosok pedesaan di luar Pulau Jawa. 

"Tentu (Indonesia Sentris) sangat baik, itu sangat amat baik. Karena kita memang harus menyelaraskan rakyat Indonesia ya sebagai Indonesia," ujar Shania.

Menurut Runner Up Puteri Indonesia DIY 2022 ini gagasan Indonesia sentris dapat dimulai dengan membangun dari pinggiran seperti visi yang digaungkan Jokowi. Yakni mulai dari desa, dari pulau terdepan, hingga perbatasan.

Dia menyebutkan dengan mendorong realisasi gagasan tersebut, hal itu juga akan sebuah pengingat nyata. Khususnya bagi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat selalu bisa menjaga persatuan dan kerukunan antar sesama. 
 
"Jadi bukan hanya maju di Jawa karena pada akhirnya kita tentu berharap setiap orang baik dari setiap pulau itu bisa saling membantu dengan kita cross kerja atau belajar," sambung Shania. 

Lebih lanjut dia menyampaikan dengan pemerataan akan tercipta kesetaraan dalam kehidupan masyarakat. Itu artinya, tambah dia, bukan hanya dari sektor kehidupan semata tapi juga dari segi pendidikan dan lapangan pekerjaan

"Kita menyadari seluruh standart pendidikan untuk pekerjaan itu sama. Jadi nantinya kita bisa saling membantu satu sama lainnya," pungkas. (OL-8)

BERITA TERKAIT