05 July 2022, 21:55 WIB

DPR Minta Dewas KPK Terbuka Soal Sidang Etik Lili Pintauli


Putra Ananda |

ANGGOTA Komisi III DPR dari Fraksi PPP Arsul Sani meminta Dewan Pengawas KPK agar transparan dalam memproses dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Komisioner KPK Lili Pintauli. 

Keterbukaan dibutuhkan untuk meminimalkan persepsi publik tentang Dewas KPK, yang tidak menangani dengan baik laporan terhadap Lili Pintauli.

"Saya tentu di Komisi III berharap Dewas KPK dalam melakukan pemeriksaan, walupun secara tertutup, tetapi juga meng-update info ke publik," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Selasa (5/7).

Baca juga: Dewas KPK Tunda Sidang Etik Lili Pintauli

"Untuk mengurangi kesan bahwa seolah-olah kasus ini tidak tertangani dengan baik. Padahal, saya yakin tidak seperti itu," imbuhnya.

Arsul meminta publik untuk bersabar menunggu proses penuntasan dugaaan pelanggaran kode etik oleh Lili. Menurutnya, kasus pelanggaran etik sepenuhnya merupakan ranah internal dari KPK.

Baca juga: ICW Minta Dewas KPK Pecat Lili Pintauli

"Saya punya keyakinan Dewas KPK akan berikan atensi penuh terhadap kasus yang menarik perhatian masyarakat. Kita juga tidak boleh belum apa-apa langsung men-judge," pungkas dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa setiap pejabat negara wajib bertindak secara akuntabel. Caranya, menghormati proses hukum yang berlangsung secara internal dalam lembaganya.

"Pilihan lain seperti yang diisukan, seperti mengundurkan diri. Itu kan berpulang pada beliau. Karena kita harus mendengar juga dari sisi dia," tutup Arsul.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT