05 July 2022, 16:16 WIB

Boni Hargens: Misi Damai Jokowi ke Rusia dan Ukraina Patut Diapresiasi Dunia


Mediaindonesia.com |

MISI perdamaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia sukses memantik perhatian dunia Internasional. Langkah Jokowi terbilang berani lantaran dilakukan di tengah konflik kedua negara yang bertikai sejak beberapa bulan lalu. 

Menurut pengamat politik Boni Hargens, saat perang Rusia dan Ukraina meletup seketika negara-negara lainnya bersiap mengambil sikap. Mengukur untuk bertindak menyikapi konflik yang terjadi di antara kedua negara yang bertetangga. 

Meski begitu, dia menilai, tindakan dari negara lainnya terutama yang berstatus sebagai negara maju masih belum terlihat konkret. Terutama dalam upaya menghentikan peperangan demi terwujudnya sebuah perdamaian.

Namun di bawah komando Jokowi komitmen Indonesia terlihat nyata. Tindakan strategis digencarkan kunjungan terhdap kedua negara mantap dilakukan demi membawa pesan persatuan, perdamaian, serta stabilitas perekonomian.

“Banyak kepala negara menyerukan itu, tetapi hanya Presiden Indonesia yang berani melakukannya,” ujar Boni, Rabu (5/7).

Dia menambahkan keputusan Jokowi dengan melakukan kunjungan ke Rusia dan Ukraina merupakan sebuah lompatan yang besar. Menjadi sebuah inovasi dalam komitmennya untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Dengan harapan akan mempercepat keseriusan kedua negara agar segera melakukan gencatan senjata. Sehingga nantinya tidak akan timbul kembali  korban-korban jiwa terutama dari masyarakat sipil biasa.

“Apa yang telah dilakukan Presiden Jokowi merupakan terobosan besar untuk perdamaian dunia,” tambah Boni. 

Menurutnya, upaya Jokowi mendamaikan Rusia dan Ukraina patut mendapat apresiasi dunia Internasional. Salah satunya yakni dengan pemberian Nobel Perdamaian. “Untuk itu, Nobel Perdamaian sangat layak untuk Pak Jokowi,” pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT